Deretan Pesepakbola Kelas Dunia Berdarah Indonesia

2. duel antara Sandy Walsh vs Radja Nainggolan di Liga Belgia | Buliran.com
DUEL antara Sandy Walsh vs Radja Nainggolan di Liga Belgia

SEJARAH sepak bola Indonesia sebenarnya pernah mewarnai , akan tetapi ketika masih memakai nama Hindia Belanda, yakni pada Piala Dunia 1938 yang bertempat di Prancis.

Meskipun masih belum bisa main level top Eropa namun selalu ada pemain top yang mempunyai garis keturunan Indonesia.

Mereka semua sukses membela masing-masing negaranya di eranya masing-masing, sebagian besar membela tetapi ada juga yang bermain untuk Timnas Belgia dan Italia.

Berikut pemain kelas dunia Berdarah Indonesia yang sukses mengantarkan negaranya ke Piala Dunia:

1. Robin van Persie

2.1 robin van persie | Buliran.com

Robin van Persie mantan striker Mancester United dan , pemain yang di juluki Flying Dutchman mewarisi darah Indonesia dari neneknya yang merupakan blasteran Belanda Surabaya.

Meskipun dibesarkan dari keluarga seniman tetapi Robin van Persie bertekad kuat untuk menjadi pemain sepak bola Profesional.

Ketajamannya sebagai striker memuluskan pria yang merupakan produk asli Feyenoord ini, sukses di Liga Premier Arsenal adalah tim pertamanya.

Dia membela Arsenal selama 8 tahun sebelum hijrah ke Manchester United, selama berkarir di Liga Premier Van Persie telah mencetak 144 gol.

Beragam penghargaan juga sudah lengkap dia terima mulai dari Top skor, pemain terbaikh ingga berengguh Trofy juara Premier League.

Di Timnas Belanda Van Persie juga tidka kalah tajam ia berhasil 50 gol dalam 102 laga.

Siapa sangka kalau mantan kapten Arsenal itu berdarah Indonesia? Diyakini kalau Van Persie memiliki darah Indonesia karena neneknya yang berasal dari Jawa.

“Kalaupun ada hubungannya dengan Indonesia. Dahulu kakek dan saya di Hindia Belanda sebagai angkatan laut Kerajaan Belanda,” ucap Van Persie.

Baca Juga   Rekam Video Meeting di Google Meet Tanpa Aplikasi? Begini Caranya

2. John Heitinga

2.2 John Heitinga | Buliran.com

John Heitinga merupakan bek tengah Everton dan Timnas Belanda. Dia meniti karier sepak bolanya bersama Ajax Amsterdam.

Pria yang kini berusia 30 tahun tersebut tidak malu mengatakan kalau dirinya mempunyai darah Indonesia. “Ayah saya berasal dari Indonesia. Saya lahir di Jakarta,” kata Heitinga, dikutip dari Radio Nederland.

3. Giovanni van Bronckhorst

2.3 Giovanni van Bronckhorst | Buliran.com

Giovanni merupakan pemain Timnas Belanda dari tahun 1996 hingga 2010. Pria yang akrab disapa Gio ini malah menjadi kapten Belanda di Piala Dunia 2010.

Pria yang kini berusia 39 tahun tersebut merupakan peranakan Maluku. Ayahnya, Victor van Bronckhorst merupakan seorang Indo. Sedangkan ibunya, Fransien Sapulette berasal dari Maluku.

4. Emilio Audero Mulyadi

2.4 Emilio Audero Mulyadi | Buliran.com

Dari nama belakangnya saja tidak usah diragukan lagi kalau Emilio Audero Mulyadi mempunyai darah Indonesia. Dia merupakan kiper muda yang memperkuat klub asal Italia, .

Remaja berusia 19 tahun tersebut lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Meski berdarah Indonesia, Mulyadi tak mau memperkuat Skuat Garuda (sebutan Timnas Indonesia). Dia ingin memperkuat Italia.

5. Nigel de Jong

2.5 Nigel de Jong | Buliran.com

Nigel de Jong mewakili darah Indonesia dari sang ibu merupakan keturunan Maluku, de jong yang lahir dna tumbuh besar di Belanda membuatnya bisa membela Timnas Belanda.

Sejak kecil de jong memang sudah membulatkan tekad untuk membea timnas Belanda, ia membela tim negeri kincir angin sejak kelompok usia U-17, U-19,U-21 hingga timnas Belanda senior.

De jong juga menjadi pemain utama Timnas Belanda dan tampil sebanyak 81 satu laga, sama seperti Van Persie de jong juga menjadi bagian dari skuad Belanda menembus final Piala Dunia 2010.

Nigel de Jong puncak karirnya saat berseragam Fc kini pemain yang terkenal dengan agresifitas tanpa kompromi itu memperkuat Al-Shahaniya yang bermain di divisi utama Liga Qatar.

Baca Juga   Human Error Picu Tabrakan LRT !

6. Radja Nainggolan

1. Radja | Buliran.com

Radja Nainggolan merupakan gelandang Timnas Belgia yang berdarah Medan. Ya, semua keluarganya berdarah Batak. Pria ini sempat memperkuat Cagliari serta AS Roma. Kini dia berkiprah di negara asalnya Belgia.

Itulah pemain kelas dunia berdarah Indonesia yang sukses mengantarkan negaranya ke Piala Dunia.***