Dilibas Arsenal, Manchester United : Bye Bye Big Four

4. mu | Buliran.com

, LONDON – Sungguh nelangsa nasib si Setan Merah. Setelah , giliran yang membantai dalam laga pekan ke-34 , Sabtu (23/4). The Gunners tanpa ampun mempermalukan tim tersukses di itu dengan skor 3-1.

Manchester United datang ke Stadion Emirates, London setelah kalah 0-4 dari Liverpool tengah pekan kemarin. Dengan kekalahan ini, hanya dari tiga tim saja yaitu , Liverpool dan Arsenal, Manchester United kemasukan 11 gol dengan hanya memasukkan dua gol.

Di laga tersebut, Arsenal nyaris melakukan hal serupa. The Gunners unggul dua gol lewat Nuno Tavares (3′) dan Bukayo Saka (32′), sebelum memperkecil ketertinggalan Manchester United menjadi 1-2 pada menit ke-34.

Meski banyak mendapat tekanan khususnya di babak kedua, tim asal London Utara itu mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol jarak jauh indah Granit Xhaka pada menit ke-70.

Hasil ini membuat Arsenal menggusur Tottenham Hotspur untuk menduduki peringkat empat sementara Liga dengan koleksi 62 poin dari 33 pertandingan.

Sementara kekalahan ini membuat Manchester United masih tertahan di posisi enam dengan torehan 54 poin dari 34 laga. Posisi Setan Merah bahkan cuma terpaut dua poin dari West Ham di bawahnya yang baru tampil 33 pertandingan.

Arsenal memulai pertandingan dengan sangat baik. Mereka langsung membuka keunggulan ketika laga baru berjalan tiga menit.

The Gunners mencetak gol lewat Nuno Tavares setelah memanfaatkan buruknya antisipasi pertahanan Manchester United.

Kesalahan dua bek Manchester United, Raphael Varane dan Alex Telles saat menghalau bola, malam membuat si kulit bundar jatuh ke kaki Bukayo Saka.

Baca Juga   Bungkam Putra Delta Sidoarjo, Karo United Juarai Liga 3

Saka lalu melepaskan tendangan melengkung ke sudut kiri bawah gawang tetapi ditepus kiper Man United David de Gea.

Sialnya, bola hasil tepisannya mengarah ke Nuno Tavares yang langsung melakukan tap-in dari jarak dekat guna membawa Arsenal unggul 1-0.

Kebobolan cepat membuat Manchester United langsung bereaksi dengan menggempur pertahanan Arsenal.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Manchester United hilang fokus. Di menit ke-25, Setan Merah kembali kebobolan oleh Arsenal kali ini lewat Edward Nketiah.

Namun gol tersebut tidak disahkan wasit. Setelah berkonsultasi dengan VAR, Nketiah dianggap lebih dulu terjebak offside.

Namun, empat menit berselang dari insiden itu, Arsenal benar-benar menggandakan keunggulan. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Bukayo Saka dijatuhkan di kotak penalti.

Saka selaku algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dia melepaskan tembakan terarah ke sisi kiri gawang yang tak mampu dihalau David de Gea. 2-0 untuk Arsenal.

Manchester United tak patah semangat pasca kebobolan dua gol. Cuma butuh dua menit bagi mereka untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Nemanja Matic memainkan umpan silang yang sangat bagus dan mengarah ke Cristiano Ronaldo. Bomber Portugal itu kemudian menemukan ruang kosong di dalam kotak penalti dan segera melepaskan tembakan yang merobek jala Arsenal.

Itu merupakan gol ke-100 Cristiano Ronaldo di Liga Inggris. Dia menorehkannya pada usia 37 tahun dan 77 hari yang menjadikannya sebagai pemain tertua yang mampu mencapai torehan itu melampaui Peter Crouch (36 tahun dan dua hari).

Penalti yang Gagal

Di babak kedua, Manchester United langsung tancap gas. Determinasi tinggi mereka menghasilkan hadiah penalti pada menit ke-56.

Matic dijatuhkan Tavares ketika memperebutkan bola di dalam kotak penalti. Sundulan Matic mampu diblok oleh Emile Smith Rowe sebelum dia coba menyambar bola rebound untuk kemudian kembali dijatuhkan.

Baca Juga   Kasus Hukum Klub Penggagas Liga Super Eropa Dibatalkan

Wasit menunjuk titik putih atas kejadian tersebut dan VAR mengamini keputusan wasit.

Namun, Bruno Fernandes selaku algojo, gagal mengemban tugasnya dengan baik. Tendangan gelandang Portugal itu dari titik 12 pas hanya membentur tiang gawang.

Empat menit berselang, Manchester United berhasil membobol gawang Arsenal lewat Cristiano Ronaldo. Namun, gol itu tidak disahkan wasit karena CR7 dianggap sudah dalam posisi offside.

Berselang tiga menit, giliran Diogo Dalot yang meneror gawang Ramsdale. Dia menembak dari jarak dekat ke arah sisi kanan gawang. Namun, kiper 23 tahun itu mampu menepisnya hingga si kulit bundar cuma membentur tiang gawang.

Terus mendapat tekanan, Arsenal justru mampu menambah keunggulan pada menit ke-71 lewat gelandang jangkarnya, Granit Xhaka.

Granit Xhaka mendapatkan bola dan melepaskan sebuah tembakan keras dari jarak jauh.

Itu merupakan keputusan yang tepat karena bola ternyata berhasil masuk ke sisi kanan gawang.

David de Gea hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya karena kecewa dengan apa yang terjadi.

Setelahnya, Manchester United beberapa kali mengancam gawang Arsenal setelahnya. Namun usaha mereka pada akhirnya tak berhasil.

Arsenal pun mengunci kemenangan dengan skor 3-1.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Diogo Dalot, Victor Lindelof, Raphael Varane, Alex Telles; Nemanja Matic (Marcus Rashford, 77′), Scott McTominay; Jadon Sancho, Bruno Fernandes (Juan Mata, 84′), Anthony Elanga (Jesse Lingard, 77′), Cristiano Ronaldo.

Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Cedric Soares (Takehiro Tomiyasu, 90+1′), Ben White, Gabriel, Nuno Tavares; Mohamed Elneny, Granit Xhaka, Bukayo Saka (Rob Holding, 74′), Martin Odegaard, Emile Smith Rowe (Gabriel Martinelli, 64′), Eddie Nketiah. (*/ddc)