Andalas, Pohon Kebanggaan Ranahminang

1.1 andalas | Buliran.com

SETIAP kali nama Andalas disebut, maka ingatan kita akan langsung tertuju ke Pulau Sumatera yang memang sering disebut Pulau Andalas atau ada juga yang menyebutnya Pulau atau Swarnadwipa. Tak hanya ke Pulau Sumatera, tentu ingatan yang lebih nyata tertuju ke sebuah perguruan tinggi ternama sekaligus tertua di Pulau Sumatera yaitu Universitas Andalas.

Namun, tahukah kalian jika yang memiliki nama ilmiah Morus mocroura ini merupakan tanaman khas daerah . Pohon yang bisa menjulang dengan ketinggian antara 25-60 m dan diameter 1 m dengan bentuk batang yang tegak ini benar-benar khas Ranahminang. Untuk membedakannya dengan pohon lainnya, maka kulit pada batang pohon Abdalas berwarna cokelat keabuan.

Buah Andalas

Buah pohon yang biasanya hidup di dataran tinggi ini mirip buah murbai. Bentuknya bergerombol kecil-kecil. Buahnya berwarna hijau sewaktu muda dan berwarna ungu kemerahan jika sudah matang. Bagian dalam buah Andalas berair dan dapat dimakan. Rasa buahnya asam dan manis.

1. pohon | Buliran.com
BUAH Tanaman Andalas rasanya asam-asam manis.

Pohon yang Kuat

Pohon andalas memiliki kayu yang kuat, tahan dari serangan serangga dan rayap. Warna kulit kayunya juga tidak gampang pudar akibat panas serta tidak mudah lapuk karena . Oleh sebab itu, masyarakat , Sumatera Barat, dulunya sering menggunakan pohon ini untuk membuat rumah. Selain itu, pohon andalas juga sering dimanfaatkan untuk membuat perabot rumah tangga, seperti alat penumbuk beras.

Hampir Punah

Pohon andalas digunakan secara berlebihan oleh masyarakat tanpa mau menanamnya kembali. Akibatnya, sekarang pohon ini mulai langka dan sulit ditemukan. Kalau pun ingin mendapatkan pohon ini, kita harus berjalan jauh selama berhari-hari ke dalam hutan. Semoga tanaman khas Sumatera Barat ini tidak punah ya!

Baca Juga   Anda Perlu Tahu Guys, Ini Deretan Gunung Api Paling Aktif di Indonesia

Tumbuh di Negara Lain

Selain ada di Sumatera Barat, pohon ini ada juga di pulau Jawa. Pohon andalas juga tumbuh di negara lain, seperti India, Butan, Kamboja, Cina, Myanmar, Nepal, Pakistan, Thailand, dan . ***