Robotaxi 2024, Tanpa Kemudi & Pedal Gas

15. robo | Buliran.com

sedang membangun “ khusus” tanpa roda kemudi atau pedal yang rencananya akan diluncurkan pada 2024. Rencana Tesla ini dinilai ambisius mengingat tidak ada undang-undang berskala luas yang mencakup kendaraan seperti ini , setidaknya di Serikat.

CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa kendaraan ini tidak akan memiliki kontrol fisik untuk pengemudi. Berarti peluncurannya bergantung pada perusahaan yang menyelesaikan pekerjaan pada self-driving penuh dalam dua tahun ke depan.

“Robotaxi akan menjadi produk yang sangat kuat. Kendaraan akan sangat dioptimalkan untuk otonom,” kata Elon Musk dikutip dari laman The Drive, Kamis (21/4).

Mengenai tampilannya, minggu lalu pada pembukaan Gigafactory barunya di Austin, Texas, Musk mengatakan robotaxi akan memiliki desain yang tampak futuristik. Orang dapat berasumsi bahwa itu berarti lebih banyak Cybertruck daripada Model S. Untuk detail lebih lanjut, Musk menjaganya tetap ketat kecuali untuk satu metrik penting.

Dia mengatakan, tujuan robotaxi Tesla adalah menghadirkan biaya 5 hingga 10 kali lebih rendah per mil. “Ada sejumlah inovasi lain di sekitarnya yang menurut saya cukup menarik. Tapi secara fundamental dioptimalkan. Misalnya, mencoba mempertimbangkan biaya per mil atau per kilometer,” ujarnya.

Musk juga mengklaim bahwa proyeksi biaya Tesla bahwa naik robotaxi akan lebih murah daripada atau kereta bawah tanah bersubsidi. Ini mungkin mengisyaratkan model bisnis yang direncanakan perusahaan untuk robotaxi yang akan datang.

Sebelumnya, Tesla menyebutkan sedang membangun kendaraan seharga USD25.000 yang sepenuhnya otonom yang mungkin atau mungkin tidak memiliki roda kemudi. Namun, belum jelas apakah ini kendaraan yang sama.

Ide Tesla menciptakan kendaraan tanpa kemudi bukan rahasia lagi, apalagi Musk sebelumnya menyampaikan impian tentang robotaxis. Selain itu, Musk mengharapkan kendaraan Tesla pada akhirnya tidak dikendalikan manusia, meskipun kemungkinan itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Baca Juga   Bulan Depan, Nissan Terra Model Baru Rambah Asia Tenggara

Rencana Tesla untuk membawanya ke pasar pada tahun 2024 terasa agak ambisius mengingat tidak ada undang-undang berskala luas yang mencakup kendaraan seperti ini yang ditawarkan kepada konsumen, setidaknya di . Mungkin itu sebabnya tidak ada pembicaraan tentang pelanggan yang dituju robotaxi.

“Saya pikir akan ada masa transisi di mana orang dapat mengambil alih dari robotaxi tetapi begitu regulator merasa nyaman dengan kendaraan kami yang tidak memiliki kemudi, kami segera mewujudkannya,” kata Musk pada 2019. (*/wib/snd)