Mesin Ketik IBM Selectric Anda Bermasalah? Begini Solusinya

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Mesin | Buliran.com

MESIN TIK mungkin tidak digunakan lagi setiap hari dalam bisnis, tetapi mungkin masih ada saat-saat ketika dibutuhkan. Ketika waktu itu muncul, itu masalah jika mesin tidak bekerja. Jika Anda memiliki Mesin Ketik IBM Selectric, Anda dapat mengalami masalah dari waktu ke waktu.

Ada beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil untuk memecahkan masalah mesin tik Anda. Setelah Anda kehabisan langkah-langkah ini, Anda mungkin perlu mencari bantuan dari layanan perbaikan mesin tik profesional.

Periksa apakah mesin terhubung ke stop kontak yang berfungsi dan tombol Nyala / Mati dalam posisi “Nyala”.

Pastikan mesin tidak dalam posisi stensil dengan menyesuaikan tuas ke kiri dan tepat di bawah elemen pengetikan (bola perak dengan alfanumerik terangkat). Jika jenis cetak terlalu terang, periksa apakah Anda memiliki pemilih jejak yang diatur pada tingkat menengah. Ini adalah tuas kecil tepat di sebelah kanan elemen pengetikan.

Periksa pita untuk memastikannya kencang. Kencangkan pita longgar dengan memasukkan pensil ke dalam salah satu lubang di atas kartrid pita dan belok ke arah yang ditunjukkan oleh panah. Jika pita tidak dicetak di atas kertas, coba ganti pita dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan dalam buku petunjuk. Lihat bagian Referensi untuk mengakses manual online.

Konfirmasikan bahwa elemen pengetikan telah dipasang dengan benar dengan menghapusnya dan memasangnya kembali ke posisinya. Untuk melakukannya, pastikan caps lock tidak menyala, lalu angkat tuas pelepas elemen pengetikan di bagian atas bola. Angkat, lalu letakkan kembali dengan hati-hati pada tiang, pastikan segitiga berada di sebelah pelat.

Bersihkan elemen pengetikan dengan sikat yang disediakan saat Anda membeli mesin, atau dengan sikat gigi yang kaku. Jangan gunakan pembersih apa pun. Cukup sikat elemen untuk menghilangkan partikel tinta atau debu yang menggumpal.

Baca Juga   Deretan Negara Paling Dingin di Dunia

Bersihkan puing-puing dari antara kunci atau dalam mekanisme pengetikan dengan menggunakan pinset atau aplikator berujung kapas.

Peringatan

Jangan mencoba membongkar mesin tik kecuali Anda memiliki pengetahuan tentang cara kerja mesin tik listrik. Jika tidak, Anda dapat merusak benda kerja yang sensitif. Jangan menggunakan oli atau pembersih apa pun di bagian dalam mesin, karena dapat merusak mesin. (*/jjc)