Cara  

Gak Perlu ke Cafe, Racik Sendiri Kopi Robusta Kalian

3. kopi | Buliran.com

jenis robusta memang mempunyai penggemar cukup banyak di masyarakat terlebih bagi para pecinta kopi. Karena jenis kopi robustalah yang lebih sering dikreasikan atau dicampurkan dengan bahan makanan atau minuman lain. Berikut cara membuat yang enak seperti layaknya di cafe:

Siapkan Bahan

Bahan pertama yang harus disiapkan tentu saja kopi jenis robusta yang sudah digiling sekitar 1 – 2 gram. Kedua, siapkan bahan campuran lain seperti susu cair, susu kental manis, caramel cair, gula aren, panas. Sediakan juga alat seperti gelas, sendok, serta saringan kopi.

Rebus air hingga mendidih kemudian diamkan terlebih dahulu beberapa menit hingga suhu air sedikit turun. Setelah suhu air turun sekitar 80 hingga 90 derajat celcius, tuangkan ke dalam cangkir yang berisi kopi robusta. Cara membuat kopi robusta yang enak ialah mengaduk kopi dengan kecepatan sedang agar memperoleh kekentalan yang pas.

Campurkan Bahan

Setelah kopi sudah siap, campurkan semua bahan pelengkap lainnya seperti susu, gula dan caramel cair. Susun kopi dan semua bahan – bahan campuran lainnya di dalam gelas besar secara berurutan. Tuangkan terlebih dahulu susu kental manis dan caramel cair ke dalam gelas, kemudian diikuti kopi, susu cair, dan gula di atasnya.

Tambahkan Es

Bila menyukai minuman yang segar atau dingin bisa juga menambahkan es batu di bagian atas minuman. Potongan es batu yang diletakkan di atas juga bias menetralisir pada kopi secara perlahan. Untuk memperoleh bisa juga meletakkannya di kulkas, namun harus menunggu hingga suhu kopi benar – benar dingin.

Baca Juga   Cara Mudah Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel & WIFI

Hangat

Namun apabila lebih menyukai sajian kopi robusta hangat tidak perlu menambahkannya dengan es batu. Cukup dengan mengaduk semua campuran tersebut maka suhu kopi akan menyatu menjadi hangat dengan bahan lainnya. Selain itu robusta akan terasa lebih nikmat saat dinimati dengan suhu hangat.

Itulah cara membuat kopi robusta yang enak seperti di cafe yang bisa kita buat di rumah dengan bahan sederhana. ***