3 Mobil Suzuki Paling Legendaris!

7. logo | Buliran.com

SUZUKI mungkin bukan penguasa pasar mobil di tanah , tapi pabrikan berlogo huruf S ini selalu menjadi ancaman dan , dua pabrikan terbesar di Indonesia.

Apalagi mobil-mobil bikinan Suzuki dikenal bandel alias awet dan tangguh. Gak mengherankan jika banyak mobil Suzuki masih berkeliaran meski usianya sudah uzur. Nah, berikut mobil Suzuki yang melegenda akan ketangguhannya.

1. Carry ST20

Suzuki memproduksi kendaraan roda empat pertamanya di tanah air pada 1977. Mobil tersebut adalah mobil niaga yaitu Pick Up Carry ST20. Belakangan mobil ini dikenal dengan nama Truntung lantaran 2 tak nya berbunyi, “Trungtung…tung..tung.”.

Suzuki Carry ST20 menggunakan mesin 2-tak 3 silinder berkapasitas 550 cc. Karena itu mobil ini menggunakan oli samping seperti motor 2 tak pada umumnya. Sistem pembakarnanya masih menggunakan karburator, pengapiannya menggunakan platina, belum menganut CDI.

Tenaga maksimum yang dapat dikail oleh ini mencapai 33 Hp pada 4.500 Rpm dan torsi sekitar 52 Nm pada 3.000 Rpm dikawal dengan transmisi manual 4 percepatan.

Suzuki Carry ST20 hanya menampung sekitar 650 Kg. Tenaga dan torsi mobil tersebut terasa pas, bahkan bagi beberapa orang mobil ini terasa cukup bertenaga.

2. Suzuki Jimny

Pada 1979 Suzuki mulai mengembangkan kendaraan serbaguna bernama Suzuki Jimny LJ80. Ini Suzuki Jimny generasi pertama. Saat itu Jimny LJ80 lebih akrab disebut “Jimny Jangkrik” dirakit langsung di Indonesia dengan kapasitas mesin 800cc.

Kehadiran mobil off-road 4×4 ini mendulang sukses dan menjadi salah satu di Indonesia. Jimny Jangkrik juga memiliki model turunan yang diproduksi hingga tahun 1981, yaitu LJ-80V dan LJ-80Q dengan pintu yang terbuat dari bahan metal.

Baca Juga   Selusin Jeep Termahal dan Terbaru di 2021

Memasuki generasi kedua di tahun 1982, Suzuki merilis Jimny SJ410 yang dipasarkan dengan nama Katana. Pada tahun 2004 Suzuki meluncurkan Jimny SJ413 atau Carribian dengan model yang paling berbeda.

Setiap seri Jimny yang diluncurkan di Indonesia selalu membangkitkan kembali memori yang begitu historis dan fenomenal terhadap ini.

3. Suzuki Carry

Era 1990-an Suzuki Carry Futura menjadi salah satu mobil yang kerap menghiasi jalanan Ibu kota. Mobil ini menjadi salah satu yang cukup laris di zamannya, karena mobil ini mampu mengangkut penumpang hingga 9-10 orang.

Suzuki Carry Futura ini memiliki dimensi panjang 3.875 mm, lebar 1.570 mm dan tinggi 1.915 mm. Di bagian belakang, mobil ini punya pintu bagasi yang sangat besar dan lebar. Velgnya menggunakan ukuran 13 inci yang dilapis dengan ban berukuran 175/70. Ban ini tentu saja cukup kecil jika dibandingkan dengan mobil yang ada di pasaran saat ini.

Di sisi kiri dan kanan pintu depan akan mendapatkan pembuka kaca dengan model window by power, alias membuka kacanya harus pakai tenaga, masih manual seperti di angkutan umum gitu.***