Agar Salat Lebih Khusyuk, Ikuti Tips Berikut

6. salat | Buliran.com

merupakan bentuk ibadah wajib yang dilaksanakan sehari 5 kali sebagai bentuk ketaatan dan keimanan seorang hamba kepada Allah SWT. Salat merupakan tiang agama. Ibarat sebuah rumah, tiang merupakan fondasi utama. Jika seseorang tidak pernah melaksanakan salat maka rusak semua ibadah yang lain.

Tidaklah sah salat seseorang muslim jika rukun dan syaratnya tidak terpenuhi. Selain itu perlu sarana penunjang lain yang dipersiapkan seperti pakaian bersih yang terhindar dari najis, alat salat, tempat salat dan sarana penunjang lainnya. Sehingga diharapkan dapat memperoleh kekhusyukan di dalam salat.

1. Hadirkan rasa yakin dilihat Allah

Salat merupakan bentuk komunikasi kita kepada Allah. Ibaratkan saja kita berbincang-bincang dengan Allah yakinkan dalam hati Allah melihat dan bersama kita. Bagaimana jika salat kita tidak benar sedangkan Allah maha mengetahui salat hambanya yang tidak sungguh-sungguh. Padahal Allah tempat kita kembali dan meminta pertolongan.

2. Pahami bacaan disetiap gerakan salat

salat kita sudah sah, namun lebih baiknya kita mengetahui makna di setiap bacaan salat yang kita lakukan sehingga kita paham maksud arti dari bacaan salat tersebut.

Seperti dalam bacaan sujud “subhana robiyal 'laa bi hamdih” yang artinya Mahasuci Rabbku yang maha tinggi dan pujian untuknya. Inti dari bacaan ini, ketika kita dalam keadaan sujud kita hanya seorang hamba yang tidak ada apa-apanya, hanya Allah tempat kita menyembah dan meminta serta segala puji hanya milik Allah.

3. Mengingat

Kematian merupakan jalan akhir kehidupan manusia di dunia. Semua amal perbuatan manusia akan dipertanggungjawabkan di akhirat termasuk salah satunya salat. Jika salat kita bagus insyaallah amal kita lainnya juga mengikuti. Sebelum kita niat dan takbiratul ikhrom mengangkat kedua tangan rasakan dalam hati ibaratkan ini ibadah saya yang terakhir, jika salat saya tidak khusyuk dan sungguh-sungguh maka apa yang saya lakukan terasa kurang bahkan sia-sia.

Baca Juga   Deretan Pesawat Pengebom Terbaik di Dunia

4. Lepaskan semua beban hidup

Manusia tidak terlepas dari masalah. Jika kita sedang melaksanakan salat bersikaplah spesial bahwa salat merupakan bentuk komunikasi kita dengan Allah tuhan kita. Maka berbincanglah mesra dengan membaca bacaan salat secara benar dan memaknai artinya seolah-olah komunikasi itu hanya kamu dan tuhanmu saja.

Salatlah untuk akhirat, lepaskan semua beban hidup di dunia. Lepaskan semuanya sejenak hanya beberapa menit saja. Jangan sampai dunia yang sifatnya sementara menjadi beban kita untuk tidak melaksanakan salat.

5. Usahan pandangan mata fokus kearah sujud kecuali tasyahud akhir

Hal ini sebagaimana hadis dari Jabir bin Samurah ia berkata bahwa SAW bersabda, “Hendaknya orang-orang yang mengarahkan pandangan mata mereka ke langit ketika salat agar bertaubat atau pandangan mereka tersebut tidak akan kembali kepada mereka.” (HR. Bukhari-Muslim).

Akan tetapi, disunahkan mengarahkan pandangan mata ke jari telunjuk, khususnya saat mengangkat jari telunjuk ketika duduk tasyahud akhir, karena terdapat dalil yang sahih tentang kesunahan tersebut.

6. Usahakan salat secara berjemaah

Salat secara berjemaah dapat memberikan energi positif lo ternyata. Selain pahalanya berlipat ganda menjadi 27 derajat, salat berjemaah mampu meningkatkan peluang diterimanya ibadah salat jika dibandingkan dengan melakukannya . Serta mampu meningkatkan disiplin diri dengan salat berjemaah di awal waktu.

Dengan salat yang khusyuk hati dan pikiran menjadi tenang. Rasa khusyuk di dalam salat akan membentuk kondisi hati yang mengandung kagum dan rasa takut kepada Allah SWT yang akan melahirkan rasa mawas diri dan tunduk pasrah di hadapan-Nya. Semoga ibadah yang kita lakukan di dunia mendapat pahala di sisi Allah SWT dan semoga kita tetap diberikan rasa istiqamah dalam melaksanakan amal kebaikan. ***

Baca Juga   Waspada Guys, Ini Deretan Hewan Paling Mematikan di Dunia