Deretan Masjid Terunik di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Masjid | Buliran.com

AGAMA Islam telah tersebar di seluruh dunia. Berkat perjuangan Rasulullah dan para sahabatnya mereka berhijrah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menyebarkan agama Islam. Sejarah peradaban Islam berkembang di setiap negara yang memiliki beberapa peninggalan-peninggalan. Salah satu peninggalan yang kaitannya erat hingga akhir zaman adalah Masjid.

Masjid adalah tempat beribadah umat muslim di seluruh dunia. Selain itu masjid juga sebagai pusat komunitas berkumpulknya umat muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, kajian agama, ceramah dan belajar Al Quram sering dilkasanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas social kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Menara-menara, serta kubah masjid yang besar, seakan menjadi saksi betapa jayanya Islam pada kurun abad pertengahan. Masjid telah melalui serangkaian tahun-tahun terpanjang di sejarah hingga sekarang. Mulai dari Perang Salib sampai Perang Teluk. Selama lebih dari 1000 tahun pula, arsitektur Masjid perlahan-lahan mulai menyesuaikan bangunan masjid dengan arsitektur modern.

Ketika Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah, dia memutuskan untuk membangun sebuah masjid, yang sekarang dikenal dengan nama Masjid Nabawi, yang berarti Masjid Nabi. Masjid Nabawi terletak di pusat Madinah. Masjid Nabawi dibangun di sebuah lapangan yang luas.

Di Masjid Nabawi, juga terdapat mimbar yang sering dipakai oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid Nabawi menjadi jantung kota Madinah saat itu. Masjid ini digunakan untuk kegiatan politik, perencanaan kota, menentukan strategi militer, dan untuk mengadakan perjanjian. Bahkan, di area sekitar masjid digunakan sebagai tempat tinggal sementara oleh orang-orang fakir miskin.

Masjid kemudian dibangun di daerah luar Semenanjung Arab, seiring dengan kaum Muslim yang bermukim di luar Jazirah Arab. Mesir menjadi daerah pertama yang dikuasai oleh kaum Muslim Arab pada tahun 640. Sejak saat itu, ibu kota Mesir, Kairo dipenuhi dengan masjid. Maka dari itu, Kairo dijuluki sebagai kota seribu menara.

Baca Juga   Jam Gadang, Arsitektur Kebanggaan Masyarakat Kurai dan Sejarah Kehadirannya

Beberapa masjid di Kairo berfungsi sebagai sekolah Islam atau madrasah bahkan sebagai rumah sakit. Masjid di Sisilia dan Spanyol tidak menirukan desain arsitektur Visigoth, tetapi menirukan arsitektur bangsa Moor. Para ilmuwan kemudian memperkirakan bahwa bentuk bangunan pra-Islam kemudian diubah menjadi bentuk arsitektur Islam ala Andalus dan Magribi, seperti contoh lengkung tapal kuda di pintu-pintu masjid.

Penyebaran Masjid di seluruh dunia membawa hal positif bagi umat Islam. Umat muslim menjadi mudah menemukan masjid disetiap daerahnya. Seiring perkembangan zaman, masjid-masjid di seluruh dunia memiliki desain unik dalam arsitekturnya. Berikut ini beberapa masjid terunik yag ada di dunia, diantaranya.

1. Masjid Tuban, Malang-Indonesia

3.1 Masjid Tuban Malang Indonesia | Buliran.com

Indonesia punya masjid yang unik dan indah bernama Masjid Tuban Turen yang berada di Malang, Jawa Timur. Desain arsitekturnya unik dan warnanya yang dominan biru menjadi masjid ini semakin indah.

2. Masjid Putra, Malaysia

3.2 Masjid Putra Malaysia | Buliran.com

Struktur bangunannya yang unik danwarna masjidnya yang berwarna pmerah muda (pink), membuat masjid milik Ndegeri Jiran ini semakin punya daya tarik yang unik.

3. Masjid Sheikh Zayed Mosque, Uni Emirat Arab

3.3 Masjid Sheikh Zayed Mosque Uni Emirat Arab | Buliran.com

Kubah dan jendelanya yang lebar membuat masjid initampak unik. Ditambah menara-menara masjid di sekelilingnya yang berdiri tinggi menjulang, membuat semakin sempurna rumah Allah ini.

4. Masjid-e Jameh, Iran

3.4 Masjid E Jameh Iran | Buliran.com
Masjid-E Jame Mosque (Friday Mosque), Yazd, Iran, Middle East

Keindahan masjid ini adaa ddi semua bangunan. Mulai dari kubahnya, langit-laangit masjidnya, ditambah mozaiknya. Pokoknya lengkap.

5. Faisal Masjid, Pakistan

3.5 Faisal Masjid Pakistan | Buliran.com

Struktur bangunan masjidnya yang unik, dikelilingi tiang yang ujungnya lancip, dan dipertemukan sama pemandangan alam yang indah, membuat keindahannya tak terbantahkan lagi.

6. Masjid Mashkhur Jusup Central Mosque, Kazakhstan

3.6 Masjid Mashkhur Jusup Central Mosque Kazakhstan | Buliran.com

Salah satu masjid terunik di dunia ini dilengkapi dengan tiang dan kubah yang lanncip, dinding cat bewarna jingga, dan dikelilingi banyak bunga.

Baca Juga   Jelajahi 10 Landmark Paling Ikonik di Dunia

7. Masjid Id Kah, China

3.7 Masjid Id Kah China | Buliran.com

Warna kuning pastel yang mewarni masjid, membuatnya tampak cantik dan tampak indah dilihat.

8. Masjid Kristal, Malaysia

3.8 Masjid Kristal Malaysia | Buliran.com

Masjid ini sangat menaraik dan unik, karena dibangun dengan baja, kaca, dan kristal. Hal inilah yang menyebabkan masjid ini bersinar seperti kristal terutama pada saat petang hari.

9. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah-Indonesia

3.9 Masjid Menara Kudus Jawa Tengah Indonesia | Buliran.com

Yang membuat masjid ini unik adalah menaranya yang dibuat menyerupai candi. Gaya arstitektur ini bernuansa Hindu Budha. salah satu yang budaya hindu dan budha dapat kita lihat pada menara dan gapura yang ada di Masjid Menara Kudus ini.

10. Rijeka Mosque, Kroasia

3.10 Rijeka Mosque Kroasia | Buliran.com

Masjid Rijeka memang terbilang sangat unik karena bentuk bangunannya menyerupai gedung teater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dari luar Masjid Rijeka tampak seperti sebuah kapal luar angkasa berbentuk kubah. Masjid Rijeka dibangun dengan arsitektur modern dengan gaya futuristik dan artistik.

11. The Great Mosque of Djenem, Mali

3.11 The Great Mosque Of Djenem Mali | Buliran.com

Masjid ini terkenal sebutan mud mosque, bangunan ini terlihat seperti benteng dengan pancangan kayu yang ditancapkan pada sisi-sisinya, jelas berbeda dari masjid pada umumnya.

12. Mohammad Nasser el sabbah Mosque, Kuwait

3.12 Mohammad Nasser El Sabbah Mosque Kuwait | Buliran.com

Masjid ini satu-satunya desain yang berbentuk layaknya piramida. Masjid ini berundak-undak mengerucut pada bagian puncak, desain masjid ini dilengkapi sebuah kubaah pada bagian puncaknya.

13. Education City Mosque, Qatar

3.13 Education City Mosque Qatar | Buliran.com

Desain masjid ini jelas tampil sangat berbeda berkat penerapan desain modern yang futuristik. Makna filosofis yang terkandung di balik desainnya seperti keberadaan lima pilar dalam ajaran Islam,dan empat aliran air dari kebun-kebun sekitarnya yang melambangkan anggur, susu, madu, dan air.

14. Masjid Muhammad Cheng Ho, Surabaya-Indonesia

Baca Juga   Disandingkan dengan Bernabeu, JIS Masuk Sepuluh Stadion Termegah di Dunia

3.14 Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya Indonesia | Buliran.com

Masjid ini sekilas mirip seperti kuil dibandingkan sebuah masjid. Pengaruh budaya Tionghoa dan Jawa terpancar melalui desain masjid yang tak lepas dari kisah sejarah perjalanan Laksamana Cheng-Ho.

15. Masjid Hassan II, Maroko

3.15 Masjid Hassan Ii Maroko | Buliran.com

Masjid ini dirancang oleh arstitek Perancis, Michel Pinsaeu dan dibangun oleh Bouygues. Masjid ini berdiri di sebuah tanjung mengahdap Samudra Atlantik yang dilihat melalui lantai kaca Raksasa. ***