85 Juta Orang Diprediksi Mudik Tahun Ini

11. mudik | Buliran.com

, JAKARTA – Pemerintah tidak lagi melarang meski status -19 belum dicabut. Tidak kurang dari 85 juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan tahun ini.

“Hasil survei ketiga Badan Litbang Perhubungan yang dilakukan 22 – 31 Maret 2022, diperkirakan 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik ,” Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno di Jakarta, Jumat (15/4).

Dia menjelaskan perjalanan mudik masyarakat tahun ini akan menggunakan berbagai jalur transportasi, baik itu jalur darat, jalur udara hingga jalur laut. Secara kuantitas, jumlah kendaraan pribadi akan mencapai 39,8 juta orang. Terdiri dari mobil pribadi sebanyak 22,9 juta orang dan 16,9 juta orang.

Disusul angkutan darat dengan kendaraan umum 25,7 juta orang. Terdiri dari yang menggunakan sebanyak 14,1 juta orang, mobil sewa 6,7 juta orang, mobil travel 4,5 juta orang dan taksi daring 400 ribu orang. Sedangkan yang menggunakan kereta api diperkirakan mencapai 7,6 juta orang. Adapun pengguna kereta perkotaan (KRL/MRT/LRT) sebanyak 600 ribu orang.

Pemudik yang menggunakan transportasi udara diperkirakan mencapai 8,9 juta orang. Sedangkan pemudik yang menggunakan transportasi air sebanyak 2,4 juta orang. Terdiri dari 1,4 juta orang dan kapal penyeberangan 1 juta orang.

Sementara itu, pemudik yang menggunakan sepeda sebanyak 400 ribu orang dan angkutan lainnya 1.000 orang.

Djoko mengatakan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memperkirakan sekitar 80 persen kecelakaan lalu lintas disebabkan kelelahan. Pentingnya mengutamakan keselamatan, sebab keselamatan bisa dihindari selama perjalanan mudik.

“Jika tidak ingin celaka, maka pahami resikonya dan hindari atau kendalikan,” kata dia mengakhiri. (*/idr/mdk)

 

Baca Juga   Terkait TWK KPK, Presiden Dilarang Angkat Tangan