Daftar Kuliner Indonesia di Jajaran Makanan Terenak di Dunia

5. makanan | Buliran.com

PERBENDAHARAAN  di Indonesia memang sangat kaya dan beragam. Sabang sampai Merauke punya berbagai panganan lezat. Beberapa di antaranya bahkan masuk daftar makanan terlezat di dunia.

Berikut ini kuliner Indonesia yang diakui sebagai . Mulai dari rendang, roti gambang, hingga cendol yang sempat disebut sebagai ramen instan terenak di dunia oleh food columnist Times.

1. Rendang

Rendang sempat memuncaki daftar CNN's World's 50 Best Foods. Namun saat ini masakan khas Minangkabau itu bertengger di posisi sebelas.

Rendang adalah olahan daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan rempah dan santan selama berjam-jam. Proses merandang yang secara harfiah berarti memasak dalam waktu lama menghasilkan olahan daging dengan bumbu pekat dan berwarna gelap. Selain populer di berbagai daerah, rendang juga memiliki nilai filosofi penting bagi warga Minangkabau. Karena itulah masakan ini sering dihidangkan di acara-acara penting.

Malaysia juga memiliki hidangan sejenis bernama rendang. Karena itulah makanan ini sempat menjadi sumber perdebatan di antara warga kedua negara. Namun sebenarnya dan Malaysia memiliki penampilan serta bahan utama yang cukup berbeda.

2. Nasi Goreng

Meskipun tahun ini tak masuk daftar CNN's World's 50 Best Foods, nasi goreng sempat berada di posisi atas pada tahun 2017. Saat itu makanan ini berada di posisi kedua setelah rendang. Berdasarkan pilihan pembaca, nasi goreng Indonesia meraih suara jauh lebih banyak daripada nasi goreng Thailand yang ada di peringkat 23.

Nasi goreng memang panganan yang sangat populer bagi warga lokal maupun turis asing. Rasanya yang sederhana menjadikan masakan ini sebagai ‘pilihan aman' bagi asing yang ingin mencoba kuliner Indonesia. Selain itu, nasi goreng juga termasuk panganan simpel yang mudah dipelajari. Jadi mudah disebarkan ke negara-negara lain pula.

Baca Juga   Tumpang Lethok Kuliner Tradisional Khas Klaten

3.

Sate yang juga termasuk kuliner khas Indonesia juga sempat bertengger di CNN's World's 50 Best Foods 2017, tepatnya di posisi empat belas. Sementara kebab khas Turki yang penyajiannya juga mirip sate berada di posisi enam belas.

Hampir setiap daerah di Indonesia punya variasi resep sate yang berbeda. Namun yang paling umum ditemui di setiap kota adalah sate ayam atau sate kambing Madura yang menggunakan bumbu kacang dan kecap. Sate dengan bumbu kacang inilah yang tampaknya paling disukai turis mancanegara.

4. Roti Gambang

CNN baru merilis daftar 50 roti terenak di dunia. Roti gambang yang dikenal sebagai jajanan tempo dulu masuk di dalamnya. Roti peninggalan Belanda ini menempati posisi sembilan belas. Roti dinamakan gambang karena bentuknya memang mirip dengan alat musik tradisional masyarakat Betawi yaitu gambang kromong. Gambang keromong adalah sejenis musik orkes yang memadukan unsur gamelan dengan alat musik Tionghoa, seperti sukong, kongahyan dan tehyan.

Roti gambang memiliki ciri khas berbentuk balok dengan warna kecoklatan dari gula merah dan taburan wijen di atasnya. Cara memakannya pun agak berbeda dengan roti kebanyakan. Sobek dahulu sedikit roti gambang, lalu dicelupkan di pahit atau teh tawar. Harus wedang tawar, karena rasa manisnya berasal dari roti.

5. Lapis Legit

Lapis legit disebut CNN sebagai salah satu kue nasional terenak di dunia. Saat ini, kue tersebut berada di posisi tujuh belas, di belakang pavlova dari Selandia Baru, Prince Cake dari Swedia, dan Victoria Sponge dari .

Lapis legit memiliki ciri khas berupa kue yang berlapis-lapis dan beraroma spekuk. Kue ini merupakan bagian dari perpaduan tradisi kuliner nusantara dan Belanda. Rasanya khas karena menggunakan berbagai jenis rempah, salah satunya kayu manis.

Baca Juga   Balut, Kuliner Ekstrim Khas Filipina

6. Cendol

Selanjutnya ada cendol yang disebut CNN sebagai salah satu minuman terlezat di dunia. Minuman ini masuk daftar World's 50 Most Delicious Drinks (8/4/2020).

Sebenarnya minuman ini juga bisa ditemukan di Malaysia. Namun Malaysia memasuki daftar yang sama dengan minuman mata . Selain cendol, mango lassi India, Yakult, Pina Colada dari Puerto rico, dan Scotch whisky juga disebut sebagai salah satu minuman terenak.

Cendol disukai oleh pecinta kuliner lokal maupun mancanegara karena memiliki perpaduan rasa yang khas dan penampilan menarik. Terutama berkat kenyalnya cendol hijau yang berpadu santan dan gula merah. ***