Marc Klok Posisi Teratas Pemain Indonesia dengan Nilai Pasar Termahal

4. marc klok | Buliran.com

PASARAN pemain sepak bola di dunia terus mengalami peningkatan dalam beberapa musim terakhir. Inflasi tampaknya memang juga menyerang dunia sepak bola.

Satu di antara yang menjadi pemicunya adalah transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain pada tahun 2017.

Saat itu memang berani membayar klausul pelepasan yang ada pada kontrak Neymar di Barcelona. Saat itu nilainya mencapai 222 juta euro atau nyaris mencapai 3 triliun rupiah.

Para pemain Indonesia juga mengalami peningkatan nilai pasar dalam beberapa musim terakhir. Tapi tentu saja nilai pasar pemain Indonesia tidak semahal dengan apa yang terjadi di Eropa.

Bola.com, merangkum para pemain Indonesia dengan nilai pasar tertinggi versi situs . Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Marc Klok (Rp7,82 miliar)

Klok adalah pemain Indonesia dengan nilai pasar paling mahal saat ini menurut Transfermarkt. Klok memang sedang dalam masa keemasan kariernya.

Pada usia 28 tahun ia memperkuat salah satu klub terbesar di Indonesia, . Ia juga sempat membuat heboh dengan pindah langsung dari Persija menuju Persib di awal 2021.

Klok yang kini sudah jadi Warga Negara Indonesia (WNI) bisa diandalkan oleh Timnas Indonesia. akan jadi debutnya membela Garuda.

2. Asnawi Mangkualam (Rp6,52 miliar)

Nilai pasar pemain asal Makassar ini terus meningkat belakangan. Apalagi sejak ia pindah ke Korea Selatan untuk memperkuat Ansan Greeners.

Dengan nilai pasar mencapai Rp6,52 miliar, Asnawi adalah pemain Indonesia dengan nilai pasar termahal kedua.

Usianya yang masih 22 tahun dan kemampuannya menjadi kapten di Timnas Indonesia senior juga turut mempengaruhi mereoketnya nilai pasar Asnawi.

Baca Juga   Lalu Lintas Transfer Pemain di Liga Inggris

3. Stefano Lilipaly (Rp6,08 miliar)

Gelandang Bali United ini memang selalu ada di papan atas untuk urusan nilai pasar dalam beberapa musim terakhir. Lilipaly memang paket komplet sebagai pemain.

Ia dikenal punya kualitas bagus. Selain itu, pemain keturunan Indonesia-Belanda ini juga punya kemampuan bisa dimainkan di beberapa posisi.

Di usianya yang sudah 32 tahun, Lilipaly masih tampil . Ia adalah sosok penting dalam keberhasilan Bali United di musim lalu. Tak heran nilai pasar Lilipaly masih ada di kisaran 6 miliar rupiah.

4. Evan Dimas, Febri Hariyadi, Ilija Spasojevic dan (Rp5,65 miliar)

Ada nama kejutan di posisi dua pada daftar ini. Sosok itu adalah Pratama Arhan.

Bek kiri berusia 20 tahun itu menyamai nilai pasar yang dimiliki seniornya di Timnas Indonesia, Evan Dimas. Yakni mencapai 565 miliar rupiah.

Kepindahan Arhan dari PSIS ke Tokyo Verdy dipercaya turut serta menaikkan nilai pasar pemain kidal itu.

Sama seperti Lilipaly, Ilija Spasojevic pun sudah memasuki usia kepala tiga. Namun, performanya masih prima.

Terbukti dari torehan 23 gol yang ia buat untuk Bali United di BRI Liga 1 musim lalu. Selain mengantarkan Bali meraih juara, 23 gol itu juga menjadikannya sebagai top skorer.

5. Rachmat Irianto, Andritany Ardhiyasa, Adam Alis Irfan Jaya, dan, Osvaldo Haaay, Rizky Fajrin, Nadeo Argawinata (Rp5,21 miliar)

Ada enam nama yang masuk ke posisi keempat pada daftar ini. Kebetulan tiga dari empat nama itu tampil apik di lalu.

Mereka adalah Rachmat Irianto, Irfan Jaya, dan Nadeo Argawinata. Ketiganya sama-sama punya nilai pasar mencapai 5.21 miliar rupiah.

Irfan dan Nadeo kini bermain di satu tim yang sama yakni Bali United. Sementara Irianto baru saja meninggalkan Persebaya untuk bergabung dengan Persib Bandung.

Baca Juga   Piala Dunia 2022, Rusia Terima Kartu Merah

Ada pula kiper senior Persija, Andritany Ardhiyasa. Di musim lalu, Andritany adalah salah satu pemain terbaik di Persija.

Dua nama lain adalah Adam Alis dan Ricky Fajrin. Dua pemain ini tampil apik bersama klub masing-masing.

6. Rizky Ridho, Ryuji Utomo, Riko Simanjuntak, Septian David Maulana (Rp4,78 miliar)

Rizky Ridho ini memang punya sesuatu yang spesial. Usianya masih 20 tahun, tapi ia seperti layaknya bek tengah berpengalaman.

Rizky adalah andalan utama baik di Persebaya, dan tentu saja di Timnas Indonesia senior.

Dalam urutan ini juga ada pemain-pemain yang lebih senior ketimbang Rizky. Mereka adalah Riko Simanjuntak, Ryuji Utomo, dan Septian David Maulana. ***