Jalani Diet Saat Puasa, Begini Solusinya

3. diet | Buliran.com

BULAN RAMADHAN merupakan waktu yang tepat untuk melakukan restorasi tubuh. Ketika tubuh tidak mengonsumsi banyak makanan hampir sepanjang hari, maka akan lebih mudah untuk mengeluarkan racun. Hal ini pun tentunya akan membantu tubuh dalam mengurangi berbagai gangguan kesehatan seperti tinggi, penyakit jantung, hingga kesehatan pada mental.

Tentunya, bulan ramadhan dapat dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tuntas tentang informasi tips yang aman dan pastinya efektif. Tapi, pastikan untuk tidak sembarangan dalam melakukan metode . Sebab menurut para ahli kesehatan, ada banyak gangguan kesehatan yang sering muncul saat puasa seperti maag dan sembelit.

Untuk bisa menjalankan diet efektif saat puasa, tentu kamu membutuhkan strategi yang tepat. Dengan begitu, tubuh pun akan menjadi lebih langsing dan pastinya selama bulan puasa ini. Memiliki tubuh yang ideal tentunya menjadi impian banyak orang. Namun hal ini harus dilakukan dengan menggunakan cara yang tepat.

Apa saja tips diet saat puasa? Di bawah ini adalah beberapa cara melakukan diet selama puasa yang wajib kamu pelajari!

1. Minum yang Cukup

Mungkin tips ini sudah sering kamu dengar dari berbagai sumber. Minum air yang cukup di waktu sahur dan berbuka puasa minimal 2 liter setiap harinya. Hidrasi pada tubuh tentunya akan membantu meningkatkan sistem imunitas. Selain itu, saat tubuh kita mengalami , metabolisme bekerja dengan lambat.

Bagi kamu yang gemar saat puasa, untuk menghindari dehidrasi bisa dilakukan dengan cara mencampurkan 500-700ml air dengan garam mineral. Hal ini tentunya baik untuk menghindari risiko dehidrasi ketika melakukan aktivitas padat saat puasa.

Baca Juga   Hai Kaum Hawa! Waspadai Risiko Serangan Jantung Karena Tekanan Kerja

2. Hindarilah Minuman Manis

Tips diet saat puasa selanjutnya adalah menghindari minuman manis, karbonasi, dan juga kafein. Tips ini memang sangat sulit untuk dihindari, tapi jika dicoba ada banyak manfaatnya untuk tubuh. Minuman manis sendiri memang sering kali menjadi salah satu penyebab dari berbagai penyakit dan kenaikan berat badan. Kamu juga akan merasa kaget saat mengetahui berapa kalori pada minuman kesukaanmu itu.

Sedangkan minuman karbonasi dan kafein seperti teh atau kopi dapat memicu dehidrasi pada tubuh. Meskipun diminum tanpa gula, tapi lebih baik untuk menghindarinya. Selain itu, minuman karbonasi dan kafein juga akan membuat perut menjadi kembung karena naik.

3. Jangan Lewatkan Sahur

Banyak orang beranggapan jika semakin jarang makan akan semakin cepat menurunkan berat badan. Namun, anggapan tersebut salah besar dan tidak boleh dicontoh. Melewatkan waktu sahur bukan hanya dapat menurunkan sistem imunitas dalam tubuh, melainkan juga bisa mengganggu sistem metabolisme.

Jika hal tersebut terjadi, maka sudah dipastikan kamu akan merasa lapar dan lemas sepanjang hari saat berpuasa. Tentunya harus tersebut akan membuatmu menjadi tidak bisa beraktivitas secara optimal. Selain itu, melewatkan waktu sahur juga bisa memicu terjadinya kontipasi. Maka dari itu, siapkan alarm setiap hari agar kamu tidak melewatkan lagi waktu sahur.

4. Perhatikan Takaran Garam

Garam diketahui dapat menimbulkan hidrasi pada tubuh. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan membuatmu menjadi lebih mudah haus saat siang hari. Tentunya kamu tak ingin merasa haus sepanjang hari kan? Maka dari itu perhatikan takaran garam yang akan dikonsumsi pada jam sahur untuk menghindari hal tersebut.

Untuk menjaga tubuh agar tidak mudah merasa lapar, kamu tentunya bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks dengan protein yang cukup. Kombinasi ini pastinya dapat membantu untuk menjaga kadar gula darah, menahan nafsu makan, dan juga menghindari porsi makan yang berlebihan saat berbuka.

Baca Juga   Atasi Kulit Gosong dengan 10 Bahan Sederhana Ini

5. Bagi Jam Buka Menjadi Dua Bagian

Setelah melakukan puasa seharian, kamu akan bersemangat untuk berbuka dalam jumlah porsi yang besar. Padahal melakukan kebiasaan seperti itu tidak dianjurkan ketika berdiet. Tubuh tentunya memerlukan waktu untuk mencerna dan memberikan sinyal kenyang. Dengan memakan makanan dalam porsi besar, hal itu justru akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Selain itu, berbuka dalam porsi yang banyak juga dapat membuat gangguan pencernaan dan membuat kita makan secara berlebihan. Tips diet saat puasa yang efektif adalah membagi jam buka puasa menjadi dua bagian.

Sebaiknya kamu mulai berbuka dengan minum dan memakan satu kurma atau sup yang mudah dicerna oleh tubuh untuk mengembalikan energi. Kurma yang dimakan saat berbuka cukup satu buah saja karena buah ini mengandung banyak gula. Kemudian tunggu 20 menit untuk mengonsumsi makanan utama yang berat.

6. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Tahukah kamu, memiliki pola hidup yang tidak sehat dapat menjadi faktor penyebab inflamasi, sehingga lebih sulit untuk menurunkan berat badan? Selama puasa jam makan pun menjadi terbatas, maka solusi terbaik adalah mengonsumsi makanan bergizi agar asupan nutrisi tetap tercukupi.

Memakan makanan yang tidak sehat tentunya akan menumpuk lemak di dalam tubuh dan malah membuat berat badan meningkat. Banyak orang yang sering kali menuruti nafsu saat berbuka puasa dengan memakan banyak jajanan manis dan berminyak. Meskipun enak dan nikmati, tapi kebiasaan seperti harus dihindari saat berdiet.

7. Tingkatkan Serat

Kesehatan usus tentunya harus kamu perhatikan saat melakukan diet. Karena hal ini sangat ampuh dalam menurunkan berat badan dan mencegah peradangan. Untuk kamu yang sering mengalami sembelit atau sulit buang air besar, cobalah untuk meningkatkan serat pada tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Baca Juga   Sehat dengan Petai

Selain itu, serat juga bisa membantumu dalam menahan nafsu makan serta mencegah peningkatan gula darah. Dengan demikian diet pun akan membuat usus menjadi lebih sehat ketika meningkatkan asupan serat setiap harinya.

8. Rajin Beraktivitas di Rumah

Jangan jadikan momen puasa sebagai ajang untuk bermalas-malasan. Tetaplah aktif dalam beraktivitas agar tubuh bisa membakar kalori dan lemak. Akan tetapi, hindari beraktivitas di bawah matahari langsung untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa.

Usahakan kamu melakukan kegiatan minimal 30 menit setelah berbuka puasa. Saat ini ada banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah meskipun tak perlu pergi ke tempat gym terlebih dahulu. Selain olahraga berat, membersihkan rumah atau jalan-jalan santai lebih baik daripada hanya berdiam diri saja.

Nah, itu dia tips diet saat puasa yang bisa kamu coba di rumah. Dengan cara ini tubuh pun akan terasa lebih langsing dan sehat di bulan ramadhan ini. Tapi jangan pernah berharap bisa memiliki tubuh yang ideal dan sehat bila kamu tidak menjalankan diet sehat. Karena kini banyak orang yang hanya berfokus pada angka berat badan tapi mengabaikan sisi kesehatan mereka.

Meskipun sedang berdiet, tentunya kamu harus melakukannya dengan cara yang sehat. Tujuannya untuk mendapatkan tubuh ideal dan kesehatan pun meningkat. Jadi, pastikan untuk tetap semangat berdiet saat puasa! ***