Wajib Waspada! Ini Deretan Smartphone dengan Radiasi Tertinggi

4. radiasi | Buliran.com

BUKAN rahasia lagi bahwa memancarkan radiasi, tetapi dengan tingkat yang berbeda-beda. Sebuah laporan terbaru menyoroti model smartphone yang menghasilkan radiasi tertinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh Bankless Times memuat daftar smartphone yang memiliki tingkat radiasi paling tinggi. Beberapa model lama dari , Sony, , OnePlus, , dan ZTE memancarkan radiasi paling tinggi.

Sementara itu, Motorola Edge menempati urutan teratas smartphone dengan pancaran radiasi tertinggi, diikuti oleh Axon 11 5G dari ZTE dan OnePlus 6T.

Menariknya, beberapa keluaran Google Pixel, OnePlus, dan Sony Xperia mendominasi daftar tersebut. Di dalam daftar termasuk Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 4a, Xperia XA2 Plus, Xperia XZ1 Compact, dan OnePlus 6/6T.

Namun, perangkat tersebut adalah beberapa tipe ponsel yang dirilis dua hingga lima tahun yang lalu. Jadi, jumlah orang yang menggunakannya saat ini kemungkinan sedikit.

Studi ini berdasarkan tingkat absorpsi spesifik (SAR) yang mengukur seberapa cepat tubuh menyerap energi frekuensi radio. Komisi Komunikasi Federal AS telah menetapkan tingkat SAR maksimum sebanyak 1,6 watt per kilogram.

Adapun, Motorola Edge memiliki tingkat emisi radiasi terburuk dengan ukuran SAR 1,79 watt per kilogram, demikian dikutip CNBC Indonesia dari Bankless Times, Senin (11/4/2022)

Penting untuk dicatat bahwa semua ponsel memancarkan beberapa tingkat radiasi, tetapi volume emisi bervariasi dengan banyak faktor. Ini termasuk jenis perangkat dan modelnya, usianya, dan kekuatan antena pemancarnya. Faktor lainnya adalah jarak dari menara seluler terdekat. (*/cic)

Baca Juga   Leuwinanggung Gelar Sosialisasi Penyusunan Dokumen Kelurahan Sehat