Deretan Mobil Legendaris dari Pabrikan Terkemuka

7. LaFerrari LFA 0 | Buliran.com

SETIAP merek memiliki karakter yang dikenal pasar. Berbicara tentang mewah dengan performa dan kenyamanan yang terjangkau, muncul nama Mercedes-Benz, BMW atau Audi, trio pabrikan asal . Tidak ada yang menyangkal ide ini. Sebut saja Ferrari atau Maserati, dua pabrikan Italia. Jadi yang bisa Anda bayangkan adalah berkecepatan tinggi.

Saat ini Toyota dan Honda dikenal sebagai pembuat mobil yang handal, kemudian Daihatsu dan Suzuki dengan .Tapi, bagaimana kalau pabrikan-pabrikan itu mengeluarkan model yang tidak biasa?

Model yang membuat orang bertanya, “Kenapa?” Ini menarik, karena para pembuat mobil pun harus sesekali membuat kejutan agar pasar tidak bosan. Pada saat yang sama, mereka membuktikan keterampilan mereka. Soalnya apa yang mereka lakukan sungguh mengejutkan dan mampu menghadapi gelar mobil legendaris tersebut.

Lexus LFA

7.1 Lexus LFA | Buliran.com

Saat Lexus dikenal sebagai pesaing Audi, BMW dan Mercedes-Benz di kelas premium, mereka tiba-tiba berbalik. Tahun 2010 saat merek mewah Toyota ini sedang menikmati sukses, sebagai mobil yang disukai kaum pensiunan, muncul LFA. hebat yang membuat pengamat otomotif terbelalak.

Setidaknya ada 3 model konsep dari tahun 2000, 2005 dan 2007 sebelum versi produksi diluncurkan di Tokyo Auto Show 2009 pada bulan Oktober. Akio Toyoda, CEO Toyota, menyebut LFS sebagai ikon global untuk Lexus. Mungkin Anda memiliki hubungan pribadi dengan pemiliknya.

Lexus LFA adalah mobil bertenaga V10 yang diproduksi oleh Yamaha. Jeritannya akan membuat pecinta mobil dan manula jatuh cinta dengan hati. Teknologi di area sasis juga membuat pasar curiga. Banyak yang menyamakan LFA dengan produk Ferrari. Meski kesuksesannya terbatas karena masalah harga dan masalah waktu rilis, yang salah, supercar ini tetap menjadi target sebagai mobil koleksi. Sebagai catatan, coupe 2 pintu ini diproduksi 500 unit sejak Desember 2010 hingga Desember 2012.

Baca Juga   Yamaha E01 Bakal Dirilis Jadi NMax Listrik?

Ford GT40

7.2 Ford GT40 | Buliran.com

Di , Ford dikenal sebagai produsen mobil dengan produk berkualitas tinggi. Mustang, yang pada saat itu menjadi terobosan dalam merebut hati kaum muda, menjadi hit besar dan citra Ford menjadi besar. Tetapi ketika Ford terluka, mereka melepaskan monster lain yang tidak hanya cepat tetapi juga indah untuk dilihat.

Itu dimulai ketika mereka mencoba mengambil alih Ferrari. Dan arogansi Enzo Ferrari yang menolak tawaran tersebut. Penolakan El Comandante membuat Ford marah. Panas, Ford Advanced Vehicle Group di Inggris dan Carrol Shelby, mantan tuner Ford, ditugaskan untuk memproduksi pembunuh Ferrari. Masalahnya adalah mobil jenis apa itu, bagaimana membangunnya adalah pertanyaan mendasar. Mereka tidak memiliki pengalaman membangun mobil cepat tapi hasilnya luar biasa. Lomba Balap Le Mans 24 Hours, yang mereka menangkan pada 1966-1969 membuat Ferrari menggigit jarinya.

Ford GT, atau Grand Touring, dimulai pada tahun 1960 ketika Ford Advanced Vehicle membangun GT40 I. Berdasarkan Lola Mk6. Tetapi baru pada tahun 1966 GT40 Mk II berhasil memecahkan kemenangan beruntun Ferrari di Le Mans. Model ini diproduksi dari tahun 1964 hingga 1969 dan hanya ada 105 unit di seluruh dunia.

Kia Stinger

7.3 Kia | Buliran.com

Kami menyukai Kia. Bukan hanya Kia, kami menyukai mobil buatan Korea atau apalagi drakornya. Tapi kami tidak pernah menyangka Kia yang dulunya memproduksi akan menghasilkan sedan yang hebat. Stinger adalah ciptaan Kia untuk melawan kebrutalan BMW M3. Liftback berukuran sedang ini telah dibangun sejak tahun 2017 dan bertahan hingga saat ini.

Kia tidak membuatnya mudah. Stinger dilengkapi dengan dua mesin. Yang pertama adalah mesin V6 empat silinder 256 hp atau biturbo dengan output 361 hp. Sedan pintu duduk di platform Genesis yang dipersingkat dengan penggerak roda belakang (Genesis adalah pesaing merek mewah Hyundai).

Baca Juga   Honda CR-V dan HR-V, Apa Bedanya ?

Dikatakan sebagai kombinasi dari Konsep GT, yang dipresentasikan di Frankfurt Auto Show 2011, dan Kia GT4 Stinger di North American International Auto Show 2014.

Ferrari FF

7.4 Ferrari FF | Buliran.com

Dari semua mobil tersebut, Ferrari FF adalah yang paling spesial. Kami mengujinya langsung di Dolomites di Italia ketika pertama kali memasuki pasar pada tahun 2010. Bentuknya berbeda dari biasanya karena mengikuti desain rem tembak. empat orang bisa duduk dengan nyaman tanpa merasa sesak. Mesin F140 EB V12 6,3 liter, yang berada di moncongnya, menawarkan performa khas Ferrari.

Namun, yang berbeda adalah sistem penggeraknya. Untuk pertama kalinya ada Ferrari dengan penggerak semua roda (AWD).Inilah yang membuat mobil terasa menyenangkan diajak meliuk melewati rute pegunungan bersalju.

Ferrari FF atau Ferrari Four untuk empat kursi. Keterampilannya benar-benar luar biasa. FF seharusnya mampu mencatatkan kecepatan tertinggi 335 km/jam dan berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,7 detik. Mobil empat tempat duduk tercepat di dunia dibangun antara 2011 dan 2016, hingga 2.291 unit.

BMW X5

7.5 BMW X5 | Buliran.com

Saat BMW meluncurkan ide membangun SUV, banyak orang yang meneriakinya. Mereka adalah BMW yang lebih tangguh yang terbiasa mengendarai sedan cantik.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim pemasaran BMW, yang sangat melihat bahwa mereka tidak bisa hanya mengandalkan sedan jika ingin bertahan dan sukses. Frank Stephenson, seorang desainer berpengalaman di BMW, menggambar sketsa SUV di pesawat. Frank harus menunjukkan modelnya saat mendarat. Jelas manajemen BMW menyukainya dan mobil itu sukses. Bagi mereka yang mulai “bermain” BMW. X5 semakin diterima dan telah menjadi sumber pendapatan pabrikan Bavaria.

Ini adalah SUV pertama dari BMW. Memulai debutnya pada tahun 1999, itu disebut sebagai SAV, juga dikenal sebagai Kendaraan Aktivitas , bukan SUV oleh pabrikan.Hal ini mengacu pada kemampuannya untuk bermain di jalan licin meskipun bodinya besar. Sejauh ini sudah ada empat generasi X5s.

Baca Juga   Kuasai 77,3 Persen Pasar Sepeda Motor, Honda Dominan di Indonesia

Honda NSX

7.6 Honda NSX | Buliran.com

Kali ini Honda tidak membuang waktu. Jika umumnya disebut sebagai produsen mobil keluarga dengan fitur dan keandalan kelas dunia, yang satu ini berbeda. Mereka merasa mudah untuk berbelok. Seperti mobil. Jadi jangan khawatir. Mengejutkan ketika mereka membuat mobil gerak roda belakang bermesin tengah dengan kontrol dan kinerja yang unggul. Jangan lupa, harga tersebut khas untuk Honda. Namanya Honda NSX.

Bahkan Ferrari sekalipun sampai tercengang melihat bagaimana NSX meliuk menaklukan tikungan sirkuit dengan meyakinkan. Belum lagi kenyamanannya, yang sulit dikalahkan di jalan. Salah satu faktor kuncinya adalah mendiang Ayrton Senna terlibat langsung dalam pengembangan mobil ini sejak awal. Itu sebabnya NSX sulit dikalahkan dan telah menjadi legenda.

Lahir dari Konsep HPX (Honda Pininfarina eXperimental) 1984, model ini lahir enam tahun kemudian, lebih tepatnya 1990. Ada dua generasi, yakni 1990 hingga 2005. Sempat mengalami kekosongan sebelum generasi baru diperkenalkan pada 2014. Sayangnya itu dihentikan pada tahun 2022. ***