Sotong Pangkong, Kuliner Khas Buka Puasa dari Pontianak

1. sotong | Buliran.com

UMAT Muslim di Pontianak punya khas yang sering jadi pilihan santapan untuk berbuka . Kuliner tersebut adalah Sotong Pangkong.

Sotong Pangkong berasal dari yang terdiri dari kata “sotong” yang artinya jenis mirip cumi-cumi dan “pangkong” artinya memukul menggunakan palu.

Sesuai dengan namanya, Sotong Pangkong merupakan kuliner yang berbahan dasar daging cumi, namun diolah dengan cara yang berbeda.

Kalau biasanya kita sering mencicipi cumi goreng, Sotong Pangkong adalah sajian cumi yang dimasak dengan cara di panggang.

Sebelum dimasak, cumi dijemur dahulu hingga kering, kemudian dipanggang hingga matang. Setelah dipanggang hingga matang, daging cumi tersebut dipukul-pukul hingga tekstur dagingnya menjadi empuk dan tidak alot.

Karena biasanya jika tidak dipukul daging cumi tersebut belum empuk dan sedikit alot, bahkan proses memukul Sotong Pangkongnya menggunakan palu.

Sotong yang awalnya berbentuk sempurna, setelah dipukul berubah menjadi pipih dengan serat-serat besar yang dapat dikunyah dengan mudah.

Sotong Pangkong memiliki rasa yang gurih dan mengenyangkan sehingga cocok untuk jadi pilihan berbuka setelah seharian berpuasa. Biasanya warga Pontianak menyantap Sotong pangkong bersama kuah sambal kacang atau sambal pedas manis sebagai cocolannya.

Sambal kacangnya terdiri dari kacang tanah yang dihaluskan, kemudian diberi , sedikit cabai, dan garam. Kemudian, untuk sambal pedasnya menggunakan cabai, ebi, garam dan air.

Daging sotong ini memiliki rasa yang gurih, kemudian menjadi lebih nikmat dengan saat disantap bersama saus sambalnya.

Saat dicelupkan dengan sambal kacang, lidahmu akan dimanjakan dengan rasa gurih, asin, manis, asam yang kental sehingga memberikan sensasi segar.

Kemudian, saat dicoba dengan sambal pedas manis, lidah akan terasa panas, membuat para pecinta santapan pedas ketagihan dan tidak ingin berhenti.

Baca Juga   Bebek Timbungan, Khas Bali yang Kian Langka

Layaknya gorengan, Sotong Pangkong ini biasa disantap tanpa harus menggunakan nasi. Biasanya, saat bulan Ramadan, banyak penjual Sotong Pangkong yang bisa ditemukan di sepanjang Jalan Merdeka, Pontianak. (*/trb)