Kuliah di Luar Negeri? Hitung Dulu Biaya Hidupnya

7. kuliah | Buliran.com

BERKULIAH di luar negeri menjadi incaran banyak orang. Untuk rencana kuliah ini, kamu tentu sudah melakukan banyak persiapan, mengingat n kuliah di negeri orang dan tidak bisa pulang dengan sesuka hati ke kota kelahiran.

Memilih kampus yang tepat merupakan poin utama yang tak bisa diabaikan. Hal ini sangat penting, sebab ini akan berkaitan dengan biaya dan berbagai hal lainnya di dalam masa pendidikanmu nanti.

Selain pemilihan kampus, berbagai hal tentang keuangan tentu menjadi poin penting lainnya yang wajib dicermati. Selama kuliah nanti kamu akan membutuhkan banyak biaya.

Penting untuk menghitung dan memastikan berbagai biaya ini terpenuhi dengan baik, agar tujuan ke luar negeri bisa tercapai dengan baik juga. Kamu bisa fokus pada urusan kuliah saja, tanpa perlu memikirkan berbagai masalah keuangan selama di sana. Pastikan menghitung semua biaya pendidikanmu nanti dengan tepat sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menghitung biaya selama :

1. Cek fasilitas apa saja yang didapatkan dari kampus

Sebelum berangkat ke luar negeri, kamu tentu sudah harus memiliki pilihan kampus dan diterima di sana. Kamu juga perlu mencari informasi yang detail tentang kampus ini, termasuk berbagai fasilitas yang akan didapatkan selama kuliah di sana.

Beberapa kampus memiliki fasilitas khusus untuk mahasiswanya, terutama untuk mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Kamu harus mengecek fasilitas apa saja yang bisa didapatkan dari kampusmu nanti, misalnya: fasilitas tinggal di asrama, transportasi , dan yang lainnya.

Semua ini akan sangat mempengaruhi besaran biaya yang akan dibutuhkan selama kuliah nanti. Cari informasi yang paling akurat dan pastikan bisa mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan dari kampusmu tersebut.

Baca Juga   Les Bukan Jawaban Pacu Perkembangan Otak Anak

2. Cek biaya kost/ tempat tinggal

Jika ternyata kampusmu tidak menyediakan fasilitas asrama, maka harus bersiap untuk tinggal di kost an. Kamu perlu mencari informasi tentang tempat kost ini sejak awal, agar tidak kelabakan atau terlantar ketika sudah tiba di negara tujuanmu nanti.

Selain tinggal di kost, kamu juga bisa tinggal atau tinggal bersama dengan teman di apartemen. Tentukan di mana akan tinggal, agar lebih mudah untuk mencari tempat tinggal.

Mulailah mencari harga sewa tempat tinggal di sekitar kampus atau di sekitar kota yang memungkinkan kamu menjangkau fasilitas transportasi umum dengan mudah.

Pertimbangkan tempat tinggal yang tidak terlalu jauh dari kampus, agar tidak membutuhkan waktu yang lama dalam perjalanan. Selain tempat, cek juga harga fasilitas lainnya, seperti: biaya listrik, biaya laundry, uang kebersihan, dan yang lainnya.

3. Ketersediaan dan biaya transportasi

Jika memutuskan untuk tidak tinggal di sekitar kampus, maka kamu juga harus mempertimbangkan moda transportasi yang akan digunakan.

Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan, seperti; ketersediaan jadwal, biaya, waktu tempuh dan yang lainnya. Hitung berapa biaya transport yang akan dibutuhkan selama kuliah nanti dengan cermat.

4. Biaya makan dan kebutuhan rutin

Ini menjadi biaya paling besar dan harus dihitung dengan cermat. Cek berapa harga makanan di sekitar tempat tinggal atau kampusmu. Hitunglah berapa kisaran biaya yang dibutuhkan untuk makan selama sebulan penuh.

Selain itu, kamu juga harus menghitung berbagai biaya kebutuhan pokok lainnya dengan tepat, seperti: biaya perlengkapan mandi, minum dan yang lainnya.

Akan jauh lebih murah jika bisa menyesuaikan diri dengan makanan warga lokal yang pada umumnya dijual lebih murah, jika dibandingkan dengan berbagai makanan atau bahan .

Baca Juga   Penetapan Terbaru NI PPPK Guru Tahun 2022 di Wilayah Provinsi NTT Bagian 2

5. Belanja kebutuhan sekunder

Kamu juga harus menghitung berbagai kebutuhan sekunder yang akan diperlukan selama kuliah. Kebutuhan ini bermacam-macam, tentunya yang penting dan memang dibutuhkan, seperti: peralatan belajar, pakaian sesuai musim di negara tersebut, dan yang lainnya.

Biaya hiburan seperti menonton bioskop juga bisa dimasukkan dalam pengeluaran yang satu ini.

6. Biaya nongkrong

Selama kuliah di luar negeri, tentu perlu bersosialisasi juga. Sosialisasi dengan teman seperti ini akan membuat kamu tetap nyaman dan tidak kesepian selama kuliah di negeri orang.

Meski tidak sering, aktifitas ini tentu perlu dilakukan sesekali, setidaknya satu atau dua kali dalam sebulan. Hitung juga biaya yang dibutuhkan untuk aktifitas ini.

7. Dana darurat

Jangan lupa untuk mengalokasikan sejumlah dana sebagai dana darurat. Ini penting, mengingat kamu akan tinggal di negeri orang.

Dana darurat akan membantu mengatasi berbagai kondisi darurat di dalam keuangan, misalnya kehabisan uang di minggu ketiga dan yang lainnya. Buat untuk ini secara rutin setiap bulannya.

Hitung dan Persiapkan Biaya Kuliah di Luar Negeri dengan Tepat

Untuk yang akan segera berangkat kuliah di luar negeri, pastikan sudah mempersiapkan semua hal dengan baik. Hitung dan buat anggaran keuangan untuk semua kebutuhanmu selama kuliah nanti. Persiapkan biaya kuliah ini dengan baik, agar tujuanmu kuliah ke luar negeri bisa berjalan dengan lancar. ***