Duo Klub Spanyol Miliki Fans Terbanyak di Dunia

4. fans | Buliran.com

DARI lapangan hijau, hegemon antara klub tak hanya tersaji di lapangan saja. Namun juga terkait brand dan follower klub bersangkutan. , layaknya lain, sangat mementingkan fans seperti halnya mementingkan pertandingan di lapangan.

Bisnis sepakbola sangat bergantung pada dukungan dari para penggemar dalam bentuk penjualan dan merchandise.

Klub-klub sukses biasanya yang paling banyak digemari, tetapi berbagai variabel seperti geografi, sejarah, dan budaya juga berpengaruh, jadi kesuksesan tak selalu menghasilkan dukungan. Tetapi tentu saja membantu.

Jadi, mana yang punya fans paling banyak?

dan Barcelona adalah dua klub paling bernilai di dunia pada 2021 menurut Forbes, yang menaksir nilai mereka hingga lebih dari $4,7 miliar (sekitar Rp67 triliun). Bayern Munich dan Manchester United tak terlalu jauh di tempat ketiga dan keempat dengan valuasi sekitar $4,2 miliar (Rp60 triliun), disusul dan Manchester City yang masih berada di atas angka $4 miliar.

Nyaris mustahil menyebut jumlah fans masing-masing klub secara tepat, tetapi menilai dari hal-hal seperti penjualan jersey, ukuran stadion, dan followers di media sosial bisa memberi kita gambaran kasar popularitas mereka.

Menimbang semua itu, kami mencoba menaksir klub sepakbola yang memiliki fans terbanyak di seluruh dunia.

1. Real madrid (Spanyol) 277,5 juta pengikut
2. Barcelona (Spanyol) 273,6 juta pengikut
3. Manchester United (Inggris) 176,7 juta pengikut
4. PSG (Prancis) 131,1 juta pengikut
5. Juventus (Italia) 116,2 juta pengikut
6. (Inggris) 110 juta pengikut
7. Liverpool (Inggris) 106 juta pengikut
8. Bayern Munchen (Jerman) 99,3 juta pengikut
9. Manchester City (Inggris) 90,7 juta pengikut
10. Arsenal (Inggris) 82 juta pengikut

Baca Juga   Guys, Ini Lho Pemain Sepakbola dengan Gaji Tertinggi di Dunia

Catatan: Angka di atas merupakan gabungan pengikut di Facebook, Instagram, , , dan YouTube per Maret 2022. Hanya akun resmi saja.

Real Madrid dan Barcelona adalah klub sepakbola paling banyak diikuti di media sosial di kanal-kanal besar, dan tak ada tim yang bahkan mendekati duo rival El Clasico itu.

Manchester United, yang baru membuat akun resmi Twitter pada April 2012 (tiga tahun setelah Liverpool), adalah klub terpopuler selanjutnya di kanal daring, tetapi jauh di bawah Real dan Barca.

Paris Saint-Germain atau PSG yang terhitung pemain baru berhasil merangsek ke peringkat keempat setelah hanya nangkring di posisi tujuh tahun lalu. Diduga karena pengaruh berbagai megabintang yang tiba di Parc des Princes musim panas 2021 kemarin, terutama Lionel Messi.

Juventus menyusul di posisi kelima, dan diikuti oleh Chelsea serta Liverpool. Cukup mengagetkan melihat The Blues berada di atas kolektor enam Liga Champions itu, tetapi kesuksesan pasukan Thomas Tuchel di UCL memang menawan.

Bayern Munich, Manchester City, dan Arsenal berada di tiga terbawah sepuluh besar. Nampaknya puasa kejayaan The Gunners mulai membuat mereka agak keteteran dibandingkan raksasa-raksasa Eropa lainnya.

AC Milan yang punya koleksi tujuh Piala Eropa atau Liga Champions harus rela berada di luar sepuluh besar dengan 40 juta lebih pengikut.

Sang tetangga, , tak jauh di bawah mereka, diikuti Tottenham Hotspur dan raksasa Brasil Flamengo yang sama-sama punya pengikut sektar 37-39 juta. (*/goa)