Ingin Puasa Tak Terkendala ? Hindari 8 Minuman dan Makanan Ini

1. makanan | Buliran.com

BAGI anda yang tengah menjalankan ibadah , ada sejumlah makanan dan . Tujuannya jelas,  agar tetap sehat dan bugar selama , maka kita perlu menjaga asupan makanan dan minuman. Berikut ini minuman dan saat puasa.

Saat puasa, asupan makanan sangat penting untuk menjaga tubuh. Namun, tidak semua makanan bisa dikonsumsi. Pasalnya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat puasa. Apa saja jenis makanan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Setelah seharian berpuasa, kita mungkin menginginkan konsumsi makanan dalam jumlah banyak. Namun perlu dipahami bahwa, tidak semua makanan boleh dimakan saat buka atau sahur. Sebab ada beberapa makanan yang justru dapat menggangu kesehatan tubuh saat puasa.

Mengutip dari hellosehat.com, berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa.

1. Gorengan

Gorengan merupakan yang banyak digemari. Meskipun rasanya enak, namun makanan yang digoreng ternyata kurang baik dikonsumsi saat puasa.

Pasalnya makanan yang digoreng mengandung lemak yang cenderung sulit diproses dalam sistem pencernaan. Hal ini yang bisa memicu terjadinya gangguan pada pencernaan.

2. Makanan pedas

Makanan pedas juga termasuk hal yang harus dihindari saat puasa. Pasalnya, konsumsi makanan pedas saat buka bisa menyebabkan sakit perut dan memicu heartburn di ulu hati. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi makanan pedas saat buka puasa, pastikan isi perut terlebih dahulu dengan makanan lain seperti buah kurma.

3. Makanan manis

Makanan yang dihindari saat puasa lainnya yaitu makanan tinggi gula. Pasalnya, makanan tinggi gula bisa membuat kita merasa cepat haus dan nafsu makan juga menjadi meningkat. Hal tersebut bisa membuat bertambah. Bahkan, konsumsi makanan manis saat puasa juga bisa meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga   Sistem Kekebalan Tubuh akan Lemah Jika Anda Sering Konsumsi 7 Makanan Ini

4. Makanan berat

Langsung mengonsumsi makanan berat saat perut kosong ternyata bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan. Gejala yang ditimbulkan seperti kembung, begah, dan sakit. Selain itu, makan berlebih saat buka puasa juga dapat menyebabkan mual hingga muntah. Cara buka puasa yang benar yaitu konsumsi takjil atau makanan pembuka yang ringan, seperti puding, kurma atau kolak pisang tanpa santan. Setelah itu, beri jeda sekitar 20 menit sebelum akhirnya mengonsumsi makanan berat.

5. Makanan dalam kemasan

Makanan kemasan juga termasuk makanan yang harus dihindari saat puasa. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menyebutkan bahwa, bahan kimia berbahaya dalam makanan kemasan bisa larut dalam makanan dan masuk ke tubuh.

Apabila rutin mengonsumsi makanan kemasan saat puasa, maka bisa menyebabkan penumpukan bahan kimia dalam tubuh. Kondisi dapat menggangu hormon yang membahayakan kesehatan.

6. Makanan tinggi serat

Makanan kaya serat memang baik untuk kesehatan, namun kurang tepat jika dikonsumsi saat perut kosong seperti ketika buka puasa. Hal ini dikarenakan makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menyebabkan penumpukan gas di usus dan perut kembung. Di beberapa orang, konsumsi makanan ini juga bisa membuat gas atau kentut menjadi lebih bau. Apabila Anda ingin mengonsumsi makanan tinggi serat saat buka puasa, sebaiknya lakukan secara bertahap. Tambahkan serat sedikit demi sedikit, agar sistem pencernaan terbiasa.

Minuman yang Dihindari Saat Buka Puasa

Selain makanan, ada juga beberapa minuman yang juga perlu dihindari saat buka puasa. Mengutip dari halodoc.com, berikut beberapa minuman yang dihindari saat buka puasa.

1. Minuman mengandung kafein

Minuman mengandung kafein seperti cokelat, teh, , dan minuman bersoda juga perlu dihindari saat buka puasa. Minuman tersebut perlu dihindari karena bisa menimbulkan efek diuretik yaitu efek yang menyebabkan sering buang kecil dan membuat kita merasa cepat haus.

Baca Juga   Jangan Abai! Ini Gejala Khas Kanker, Jangan Sepelekan

Kafein juga dapat menyebabkan iritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Maka dari itu, minuman berkafein sebaiknya tidak dianjurkan pada pengidap maag. Akan tetapi, jika Anda tetap ingin saat bulan Ramdan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

  • Minum satu gelas kopi saat sahur
  • Minum kopi minimal dua jam setelah buka puasa
  • Perbanyak konsumsi air putih.

2. Minuman dingin

Walaupun minuman segar bisa menghilangkan dahaga, namun ternyata konsumsi minuman dingin atas es saat buka puasa sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan es bisa membuat pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebagai gantinya,

Anda dianjurkan untuk konsumsi air hangat atau tidak dingin ketika buka puasa. Jika ingin tetap minum es, sebaiknya beri jeda sekitar 5-10 menit saat perut sudah lebih stabil. Itulah beberapa minuman dan makanan yang harus dihindari saat puasa. Dengan menghindari makanan atau minuman tersebut, harapannya tubuh tetap segar dan sehat selama puasa. ***