5 Nama Provinsi Baru Disepakati DPR RI

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Peta | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA – Sidang Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyepakati harmonisasi tiga dari lima rancangan undang-undang (RUU) terkait daerah otonomi baru (DOB) di Papua. Ketiganya, yakni RUU tentang Provinsi Papua Selatan, RUU tentang Provinsi Papua Tengah, dan RUU tentang Provinsi Pegunungan Tengah.

“Apakah hasil harmonisasi RUU tentang Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Pegunungan Tengah dapat disetujui?” tanya Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi yang dijawab setuju oleh anggota panitia kerja (Panja) harmonisasi, Rabu (6/4).

Komisi II DPR sebagai pengusul menyampaikan terima kasih terhadap kesepakatan harmonisasi RUU Provinsi Papua Selatan, RUU Provinsi Papua Tengah, dan RUU Provinsi Pegunungan Tengah. Harapannya, pemekaran provinsi tersebut dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

“Semoga ini menjadi amal ibadah kita dan bakti kita pada bangsa dan negara. Khususnya, kepada suku kawan kita yang ada di Papua,” ujar Wakil Ketua Komisi II Syamsurizal.

Sebelum kesepakatan harmonisasi ketiga RUU tersebut, ia mengatakan, Komisi II DPR RI menyepakati lima nama provinsi baru yang akan diatur dalam rancangan undang-undang tentang Provinsi Papua. Tiga dari lima nama provinsi baru tersebut didasarkan atas pertimbangan wilayah adat.

“Kami dari Komisi II sebagai pihak pengusul dapat menyepakati untuk Provinsi Papua Tengah kita usulkan dengan nama wilayah adatnya, yaitu Provinsi Meepago. Kemudian Provinsi Papua Pegunungan Tengah kita usulkan dan sepakati menjadi Provinsi Lapago,” ujar Syamsurizal.

Baca Juga   Terbukti Doping, Duo Sprinter Afrika Didepak dari Olimpiade Tokyo