Kinerja Jangan Bergantung Pada Jumlah Personil

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Budin.jpg | Buliran.com
SEKRETARIS Kelurahan Cilangka[p besama staff dan siswa magang usai kerja bhakti.

BuliranNews, DEPOK– Bicara tentang Kelurahan Cilangkap di Kecamatan Tapos, Kota Depok, tentu tak akan pernah ada habisnya. Meski berada di belahan timur di Kota Belimbing dengan jumlah personil atau aparatur pemerintahan yang terbatas, nyatanya Cilangkap tetap mampu menunjukkan kinerjanya.

Tak hanya bisa melaksanakan program Pemkot Depok secara baik, Kelurahan Cilangkap pun menjadi yang terdepan dalam penghimpunan pajak bumi dan bangunan (PBB) dari 63 kelurahan yang ada di Kota Depok.

Hal itu, tentunya sebuah hal yang membanggakan dan pantas menjadi cerita manis yang perlu terus dijaga. Namun, tahukah kita semua, semua prestasi yang tercatat dalam tinta emas itu bisa didapat hanya dengan 7 personil aparatur sipil negara (ASN), 4 orang tenaga sukarelawan plus 10 orang anggota Linmas?

“Dibandingkan dengan jumlah penduduk Kelurahan Cilangkap sebanyak 70.453 orang yang tersebar di 22 RW dan 112 RW, tentunya mustahil bisa menjalankan roda pemerintahan secara baik. Namun, kenapa roda pemerintahan bisa tetap berjalan dengan baik? Karena seluruh aparatur yang ada di Cilangkap harus bekerja optimal,” kata Lurah Cilangkap, Teguh Santoso.

Personil yang terbatas, menurut dia justru menjadi sebuah pelecut semangat agar tak berpengaruh pada pelayanan yang diberikan. Artinya, aparatur pelaksana boleh minimalis, namun untuk pelayanan harus tetap maksimal.

Dalam hal ini kata Pak Lurah teguh, kolaborasi dengan semua pihak yang ada di kelurahan, seperti para pimpinan RT, RW, LPM, Tiga Pilar dan masyarakat jelas sebuah hal yang harus dikedepankan.

Baca Juga   DKM Masjid Al Muhajirin Segera Hadirkan Faskes Gratis