Liverpool dan City Buka Peluang ke Semifinal Liga Champions

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Pool | Buliran.com

BuliranNews, LISABON —  Dua kandidat juara Liga Champions tahun ini, Liverpool dan Manchester City berhasil mencatat poin sempurna kala menjalankan laga leg pertama babak delapan besar Liga Champions Eropa. Jika Liverpool sukses meraih kemenangan 3-1 atas Benfica dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions di Estadio de Luz pada Rabu (6/4) dini hari WIB. Maka City mampu memaksa Atletico Madrid pulang dengan skor 1-0.

Pada laga Benfica kontra Liverpool, Ibrahim Konate dan Sadio Mane membuat Liverpool unggul dua gol sebelum Darwin Nunez memperkecil ketertinggalan untuk Benfica. Luis Diaz berhasil menambah keunggulan dengan mencetak gol ketiga The Reds.

Tampil sebagai tim tamu, Liverpool tetap tampil percaya diri dan bermain menyerang. Pada menit ke-8, Mohamed Salah mengancam Benfica lewat tendangan dari jarak dekat. Namun, bola masih bisa diamankan kiper Odysseas Vlachodimos.

The Reds berhasil merobek gawang Benfica pada menit ke-17. Umpan sepak pojok dari Andrew Robertson berhasil disambut dengan sundulan Ibrahima Konate. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Benfica mencoba untuk membalas. Percobaan pertama mereka baru datang pada menit ke-22 lewat Everton, tetapi bola yang dilepaskan masih mengarah ke sisi jaring gawang Ederson Moraes.

Liverpool berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-33. Umpan lambung Trent Alexander-Arnold disambut dengan sundulan Luis Diaz, yang mengarahkan bola ke Sadio Mane.

Penyerang timnas Senegal itu tinggal menceploskan bola ke gawang. Kedudukan menjadi 2-0. The Reds bertahan sangat baik saat Benfica menekan. Serangan balik yang dibangun anak asuh Jurgen Klopp itu juga cukup membahayakan tim tuan rumah.

Sulitnya masuk ke kotak penalti Liverpool, Everton terpaksa melakukan pencobaan melalui tendangan dari luar kotak penalti. Sayangnya, sepakannya masih terlalu lemah dan bisa diantisipasi Alisson Becker.

Baca Juga   Duo PSG Pimpin Daftar Pesepakbola dengan Gaji Selangit di Dunia

Mohamed Salah mendapatkan peluang di penghujung babak pertama. Bola tembakannya saat sudah berhadapan dengan kiper masih bisa ditepis. Skor 2-0 bertahan untuk Liverpool.

Benfica mengejutkan Liverpool saat babak kedua baru berjalan empat menit dengan sebuah gol. Umpan silang dari Rafa berhasil disambut baik oleh Darwin Nunez untuk menjadi gol dan membuat skor menjadi 2-1.

Liverpool dibuat kewalahan dengan permainan agresif Benfica demi mengejar ketinggalan. Sayang, peluang emas yang didapat Nunez dan Everton masih belum mampu menghasilkan gol.

Alih-alih menyamakan skor, Benfica justru semakin jauh tertinggal usai Luis Diaz mencetak gol ketiga pada menit ke-87. Pemain Kolombia itu lepas dari posisi offside saat menerima umpan terobosan Keita. Dia kemudian mengecoh kiper sebelum melesakkan gol.

Liverpool menutup laga dengan kemenangan 3-1. Laga leg kedua akan dimainkan di Anfield pada 14 April.

City Menang Tipis

Sementara itu, Manchester City hanya bisa menang tipis 1-0 atas Atletico Madrid pada leg pertama perempat final Liga Champions. Gol Kevin De Bruyne pada menit ke-70 menjadi pembeda laga di Stadion Etihad, Manchester, Rabu (6/4/2022) dini hari WIB.

Pasukan Diego Simeone membuat City frustrasi sepanjang babak pertama dengan pertahanan mereka yang dalam. Atletico hanya mengandalkan serangan balik sesekali untuk mengancam tuan rumah.

Sang juara Liga Primer tidak mampu mengubah total dominasi penguasaan bola mereka menjadi peluang yang jelas. Aymeric Laporte memiliki salah satu peluang terbaik setelah turun minum, tetapi sundulan sang bek dari sepak pojok melenceng dari sasaran.

City mempertahankan performanya dan menggerakkan bola dengan baik, tetapi butuh masuknya pemain pengganti Phil Foden untuk membantu mengubah keadaan. Foden, yang dimasukkan dari bangku cadangan dengan Jack Grealish dan Gabriel Jesus, menarik tiga pemain bertahan ke arahnya. Ia membelah pertahanan Atletico dengan umpan sempurna ke De Bruyne. Tanpa kesulitan, De Bruyne menaklukkan kiper Jan Oblak dengan tendangan menyilang menyusur rumput.

Baca Juga   Tampil di 16 Besar Piala Liga Inggris, Elkan Baggott Bersua Diego Costa

De Bruyne kemudian memiliki upaya lain ke gawang, yang diblok dengan baik oleh kaki bek Stefan Savic.

Leg kedua akan diegalr di stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada Kamis (14/4/2022) dini hari WIB. Namun sebelum itu City memiliki pertandingan penting di kandang melawan rival perebutan gelar juara Liga Primer Inggris Liverpool pada Ahad (10/4/2022).

“Babak pertama ketat; di babak kedua kami memiliki beberapa peluang dan bagus kami mengambil satu,” kata De Bruyne. “Saya berlari dan Phil menemukan saya dengan sempurna, saya harus tetap tenang dan untungnya saya melakukannya. Ini sangat sulit. Mereka bermain dengan hampir lima di belakang dan dengan lima di lini tengah.”

“Kami harus tetap tenang dan tidak mencoba untuk masuk ke dalam aksi mereka. Ini adalah cara mereka bermain,” kata dia. (*/rep)