Tips Hindari Kantuk yang Mendera Saat Puasa

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Ngantuk | Buliran.com

TAK HANYA merasa lapar dan haus, rasa kantuk sering kali menyerang hari-hari Anda di bulan Ramadhan. Bagaimana tidak, Anda harus bangun lebih pagi setiap hari untuk makan sahur supaya nantinya kuat berpuasa seharian. Bahkan sehabis sahur pun, Anda mungkin harus langsung bersiap pergi ke kantor untuk bekerja.

Kebiasaan baru ini tentu saja membuat poal tidur Anda berubah, sehingga Anda jadi gampang ngantuk saat puasa. Lantas, bagaimana cara mengatasi ngantuk saat puasa agar tidak mengganggu aktivitas di bulan Ramadhan? Simak trik jitunya berikut ini.

Bagi sebagian orang, minum kopi menjadi cara terjitu mengatasi ngantuk di kantor. Namun, hal ini tentu tidak bisa Anda lakukan di bulan Ramadhan karena sedang berpuasa, bukan?

Tenang, masih ada banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi ngantuk saat puasa Ramadhan. Berikut selengkapnya:

1. Pastikan Anda tidur cukup setiap malam

Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda mendapatkan tidur cukup tadi malam? Atau justru Anda malah begadang karena harus menyelesaikan deadline kantor? Jika iya, maka inilah penyebab Anda mudah lelah dan ngantuk saat puasa.

Untuk mengatasinya, usahakan untuk selalu tidur cukup setiap malam. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam setiap malam supaya tubuhnya tetap fit selama puasa Ramadhan.

Jika tidak ada kebutuhan mendesak, sebisa mungkin hindari kebiasaan begadang dan tidurlah lebih cepat dari baisanya. Pastikan Anda memiliki kualitas tidur yang baik sehingga tubuh tetap segar saat bangun di pagi. Yang tak kalah penting, Anda jadi tidak mudah ngantuk saat puasa di siang hari.

Baca Juga   Lebih Dekat dengan Sumur Zamzam di Mekkah