Mau Mudik? Persiapkan Dulu Kendaraan Anda

Avatar Of Teddy Chaniago
6. | Buliran.com
waktu untuk service mobil

BULAN Ramadhan telah dua hari kita lalui. Dan pastinya jika sudah mendengar Ramadhan pastinya sangat identik dengan Lebaran. Hal itu pastinya langsung berhubungan langsung dengan jelang mudik lebaran yang sudah menjadi agenda tahunan.

Dalam hal mudik pastinya akan adanya dua pilihan antara kamu ingin naik kendaraan umum atau pribadi. Jika menggunakan kendaraa Pribadi kamu juga harus memilih antara ingin naik Mobil dan Motor nantinya.

Apapun jenisnya kamu ingin menaiki kendaraan apapun dipastikan semua itu dalam kondisi yang prima. Karena memang untuk melakukan perjalanan mudik sendiri bukan seperti layaknya kamu pergi dari rumah ke kantor saja.

Namun nantinya dipastikan kamu akan mengarungi panjangnya jalanan yang bisa mencapai ratusan kilometer. Yang pastinya menjangkau antar provinsi. Dan kali ini akan coba membahas tentang apa saja yang perlu disiapkan terkait kendaraan prima.

Kendaraan Dalam Kondisi Laik Jalan – Jelang Mudik Lebaran

Untuk kondisi yang satu ini pastinya kendaraan yang siap dibawa dalam jarak yang sangat jauh sangat disarankan untuk melihat semua kondisi kendaraan yang digunakan.

Seperti contoh bahwa kendaraan yang akan dipakai sama sekali tidak ada masalah apapun. Atau setidaknya saat kamu membawa jalan kendaraan tersebut akan terasa sangat nyaman.

Maka dari itu disini akan coba membahas apa saja yang perlu dilakukan pengecekan agar kendaraan dapat jalan dengan nyaman.

Lakukan Service Standar – Jelang Mudik Lebaran

Pastinya tindakan paling dasar adalah kamu melakukan service dasar seperti layaknya bulanan atau perdua bulan. Hal yang satu ini agar bisa memastikan bahwa kendaraan kita dalam kondisi bagus atau layak berjalan jauh atau tidak dari sang ahlinya langsung.

Baca Juga   Motor Motor Tangguh untuk Petualangan

Disarankan jika melakukan hal yang satu ini kamu setidaknya mendatangi beberapa tempat service resmi dari merk kendaraan kamu. Atau paling tidak jika memang mendatangi service resmi terlalu mahal dan mungkin akan membutuhkan waktu lama dalam hal antri.

Kamu bisa mencari informasi dari teman terkait tempat service yang paling baik dan harga murah dimana. Sangat disarankan untuk mencari lokasi tempat service yang setidaknya besar dan terjamin handal.

Melakukan Pergantian Spare Part – Jelang Mudik Lebaran

Jika memang saat melakukan pengecekan ada Spare Part dari kendaraan milik kamu harus adanya pergantian disarankan untuk melakukan pergantian.

Karena nantinya kamu akan melakukan perjalanan dengan kendaraan yang kamu bawa tersebut dengan jarak yang sangat jauh. Dan melalui jalan yang tidaj tahu medannya apakah bagus atau tidak sangat disarankan untuk melakukan pergantian jika memang perlu diganti.

Setidaknya dinyatakan masih layak berjalan, karena antisipasi akan adanya kerusakan saat ditengah perjalanan. Pastinya tidak maukan terjadi hal yang seperti ini.

Biasanya spare part yang perlu mendapatkan perhatian lebih seperti lampu depan, belakang hingga sen yang paling utama apakah bekerja seperti semestinya.

Setelah itu kampas rem depan dan belakang apakah masih bagus. yang kemudian disusul dengan pengecekan kaki-kaki atau per dari kendaraan.

Hingga yang paling dasar sekali setidaknya kamu harus melakukan pergantian Oli mesin dan Oli Gardan. Yang nantinya juga sangat disarankan mengganti filter udara agar bisa berjalan lebih enak lagi.

Selain itu jug Aki kendaraan yang diharuskan mendapatkan perhatian lebih, hingga Air Cooland dan Klakson apakah bekerja sebagaimana mestinya.

Dan yang terakhir jika memang kamu membawa mobil kamu juga melakukan pengecekan pada AC dimobil kamu yah.

Baca Juga   Gahar di Lintasan, Ternyata Perusahaan Ini tak Bermula dari Otomotif

Pengecekan Ban Kendaraan – Jelang Mudik Lebaran

Setelah melakukan semua pengecekan terkait mesin dari kendaraan yang akan dibawa. Hal yang paling menjadi perhatian lebih dari ban pada kendaraan yang akan kita bawa.

Kamu harus melakukan pengecekan apakah nantinya kurang angin atau tidak. Sangat disarankan untuk menggunakan angin Nitrogen untuk mengisi ban kendaraan.

Hal tersebut sangat disarankan karena Gas Nitrogen bisa mendapatkan tekanan yang lebih stabil jika dibandingkan dengan angin pada umumnya. Karena nantinya akan berjalan sangat jauh, otomatis membuat ban kendaraan kamu akan sangat panas.

Dan gas nitrogen sendiri juga menghindari terjadiya pecah ban saat adanya tekanan tinggi saat berjalan dan tahan akan suhu yang tinggi. Selain itu Nitrogen juga misal terjadi kebocoran angin mereka tidak akna langsung memberikan respon yang jelek dalam pengendalian kendaraan.

Pengecekan Gas Buang

Pengecekan yang terakhir adalah pengecekan dari gas pembuangan yang berasal dari Knalpot. Sangat disarankan melakukan pengecekan sebagai mana mestinya.

Biasanya kendaraan yang sangat bagus akan memiliki gas buang emisi yang tida banyak. Atau setidaknya tidak mengeluarkan asap atau bau yang hingga membuat mata pedas.

Kalau terjadi seperti itu setidaknya melakukan pengecekan. Hingga nantinya kamu melakukan pengecekan pada saluran knalpot dari mesin hingga ke lubang pembuangan.

Jika ada kebocoran akan sangat berbahaya, terutama saat menghadapi jalanan macet yang bisa berpeluang masuk kedalam kabin Mobil dan akan berakibat sangat fatal.

Ulasan Sebelum Perjalanan Mudik

Jadi nantinya jika kamu ingin melakukan perjalanan mudik sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kendaraan sedetail mungkin. Karena nantinya kondisi yang prima dari kendaraan membuat perjalanan mudik kamu semakin asik tentunya.

Baca Juga   Ferari dengan 8 Produk Kebanggaannya

Dan selain itu fisik dari tubuh kita juga perlu diperhatikan yah. Jangan sampai kamu memaksakan kondisi yang sudah lelah namun tetap berkendara.

Maksimal dari berkendara itu sendiri untuk kendaraan bermotor itu kurang lebih 2 hingga 3 jam. Dan untuk kendaraan roda empat sendiri sekitar 4 hingga 5 jam, hingga pada akhirnya harus mengistirahatkan badan dan juga mesin kendaraan. ***