Hindari Dehidrasi Selama Menjalani Ibadah Puasa dengan Tips Berikut

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Dehidrasi | Buliran.com

3. Jangan Terlalu Banyak Tidur

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa tidur ketika kita puasa adalah ibadah. Namun ternyata ketika tidur, cairan juga akan tetap dikeluarkan oleh tubuh. Hal tersebut termasuk dalam insensible water loss atau kehilangan cairan tanpa terasa.

Jadi, jika kamu terlalu banyak tidur, maka akan semakin banyak cairan yang hilang. Untuk menghindari dehidrasi, jangan terlalu banyak tidur saat puasa.

4. Konsumsi Beragam Buah dan Sayuran

Cairan tak hanya didapatkan dari minuman saja loh, tapi bisa juga dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga kamu bisa kenyang sekaligus memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Seperti mengonsumsi buah dan sayuran segar. Jadi, perbanyaklah sayur dan buah-buahan pada menu sahur dan buka puasa sehingga menghindari dehidrasi saat puasa.

5. Hindari Kegiatan Luar Ruang

Pada hari biasa, sebanyak 1.000-4.500 mililiter cairan hilang dari tubuh kamu. Hal ini tentunya bermasalah ketika kita puasa karena kita tidak dapat menggantikan cairan yang hilang dari mengonsumsi makanan ataupun minuman.

Untuk dapat menghindari dehidrasi, Toppers bisa menghindari kegiatan luar ruangan karena sinar matahari yang terik dapat membuat kita berkeringat sehingga memicu dehidrasi.

6. Perhatikan Obat-obatan yang Dikonsumsi

Bagi sebagian orang, obat-obatan dan suplemen vitamin dan nutrisi sangat penting dikonsumsi saat puasa agar dapat menjaga tubuh tetap fit. Namun, pastikan bahwa obat yang dikonsumsi tidak memberikan efek samping.

Baca Juga   Mau Awet Muda? Ikuti Cara Berikut