Hindari Dehidrasi Selama Menjalani Ibadah Puasa dengan Tips Berikut

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Dehidrasi | Buliran.com

PUASA merupakan ibadah umat Islam untuk menahan nafsu dari terbit Matahari sampai terbenamnya sang fajar yang dilakukan saat bulan Ramadan. Saat kita puasa, kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum seperti pada hari biasa.

Oleh karena itu, terkadang kita merasakan dehidrasi ketika kita puasa karena harus menjalani aktivitas normal sehari-hari, seperti bekerja maupun belajar.

Lalu bagaimana cara menghindari dehidrasi saat puasa? Inilah tips menghindari dehidrasi saat puasa!

1. Tetap Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Bedasarkan penelitian, manusia disarankan untuk meminum air putih sebanyak 2,5 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air mineral per hari. Hal ini tentunya berpengaruh saat puasa karena kita tidak dapat minum air putih pada siang hari.

Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, kamu bisa menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

2. Perbanyak Minum Susu dan Air Kelapa

Selain air putih, susu dan air kelapa ternyata juga bisa menjadi cara untuk menghindari dehidrasi saat puasa. Menurut sebuah penelitian, susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi karena kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium dan elektrolit.

Sedangkan air kelapa muda mengandung isotonik dan elektrolit alami yang dapat mengatasi dehidrasi saat puasa.

Baca Juga   Ingin Menurunkan Berat Badan? Ayo Konsumsi 12 Jenis Sayuran Ini Guys,,,