Hindari Dehidrasi Selama Menjalani Ibadah Puasa dengan Tips Berikut

6. dehidrasi | Buliran.com

PUASA merupakan ibadah umat Islam untuk menahan nafsu dari terbit Matahari sampai terbenamnya sang fajar yang dilakukan saat bulan Ramadan. Saat kita puasa, kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum seperti pada hari biasa.

Oleh karena itu, terkadang kita merasakan dehidrasi ketika kita puasa karena harus menjalani aktivitas normal sehari-hari, seperti maupun belajar.

Lalu bagaimana cara menghindari dehidrasi saat puasa? Inilah menghindari dehidrasi saat puasa!

1. Tetap Minum Putih 8 Gelas Sehari

Bedasarkan penelitian, manusia disarankan untuk meminum sebanyak 2,5 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air mineral per hari. Hal ini tentunya berpengaruh saat puasa karena kita tidak dapat minum air putih pada siang hari.

Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, kamu bisa menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

2. Perbanyak Minum Susu dan Air Kelapa

Selain air putih, susu dan air kelapa ternyata juga bisa menjadi cara untuk menghindari dehidrasi saat puasa. Menurut sebuah penelitian, susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi karena kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium dan elektrolit.

Sedangkan air kelapa muda mengandung isotonik dan elektrolit alami yang dapat mengatasi dehidrasi saat puasa.

3. Jangan Terlalu Banyak Tidur

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa tidur ketika kita puasa adalah ibadah. Namun ternyata ketika tidur, cairan juga akan tetap dikeluarkan oleh tubuh. Hal tersebut termasuk dalam insensible water loss atau kehilangan cairan tanpa terasa.

Jadi, jika kamu terlalu banyak tidur, maka akan semakin banyak cairan yang hilang. Untuk menghindari dehidrasi, jangan terlalu banyak tidur saat puasa.

Baca Juga   Ternyata Lingkungan tak Butuh Air Kemasan

4. Konsumsi Beragam Buah dan Sayuran

Cairan tak hanya didapatkan dari minuman saja loh, tapi bisa juga dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga kamu bisa kenyang sekaligus memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Seperti mengonsumsi buah dan sayuran segar. Jadi, perbanyaklah sayur dan buah-buahan pada menu sahur dan buka puasa sehingga menghindari dehidrasi saat puasa.

5. Hindari Kegiatan Luar Ruang

Pada hari biasa, sebanyak 1.000-4.500 mililiter cairan hilang dari tubuh kamu. Hal ini tentunya bermasalah ketika kita puasa karena kita tidak dapat menggantikan cairan yang hilang dari mengonsumsi makanan ataupun minuman.

Untuk dapat menghindari dehidrasi, Toppers bisa menghindari kegiatan luar ruangan karena sinar matahari yang terik dapat membuat kita berkeringat sehingga memicu dehidrasi.

6. Perhatikan Obat-obatan yang Dikonsumsi

Bagi sebagian orang, obat-obatan dan suplemen dan nutrisi sangat penting dikonsumsi saat puasa agar dapat menjaga tubuh tetap fit. Namun, pastikan bahwa obat yang dikonsumsi tidak memberikan efek samping.

Hindari obat yang memberi efek seperti buang air terus menerus, dehidrasi dan juga kekurangan cairan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya diskusikan hal ini pada dokter.

7. Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Asin Saat Sahur

Baru menjalani beberapa jam puasa sudah merasa haus? Bisa jadi menu sahur kamu alasannya. Ya, makanan bergaram dapat membuat kamu haus bahkan hingga kekurangan cairan. Sebab, garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh.

Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh hanya akan mengacaukan pengaturan tersebut dan akhirnya membuat kamu cepat haus. Imbangi dengan dan sayur sayuran agar kadar mineral yang dibutuhkan tubuh seimbang.

Baca Juga   Mengelola Kadar Kolesterol Saat Berpuasa

8. Kurangi Minum dan Teh

Jika kamu adalah pecinta teh dan kopi, sebaiknya kurangi konsumsi minuman tersebut secara berlebihan. Karena bisa mempercepat dehidrasi. Selain itu, kafein dalam teh dan kopi bisa membuat kamu sulit tidur yang tentunya akan berdampak pada tubuh di siang hari.

9. Hindari Berat

Untuk kamu yang suka olahraga, kamu tidak perlu melakukan olahraga berat seperti latihan cardio. Cukup olahraga ringan seperti lari kecil atau saja dipagi hari.

Dengan secara teratur, tubuh kamu malah akan lebih kuat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Namun begitu juga sebaliknya, jika dilakukan secara berlebihan maka akan menjadi bumerang buat kamu.

Jika ingin melakukan olahraga berat, lakukanlah pada jam sebelum berbuka puasa. Agar menunggu jam buka terasa lebih cepat.

10. Makan Buah yang Mengandung Banyak Air

Nikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina kamu selama puasa. ***