Semarakkan Ramadhan dengan 12 Aplikasi Al-Quran Terbaik

2. aplikasi alquran gratisjpg 20210411022655 | Buliran.com

UMMAT MUSLIM di seluruh dunia sudah masuk ke bulan suci Ramadan tahun 2022. Tentunya banyak umat muslim yang akan menghabiskan bulan suci Ramadan dengan memperbanyak ibadah seperti shalat dan mengaji.

Dengan kecanggihan yang semakin merebak, kini Anda dapat menggunakan aplikasi Al-Quran yang tersedia di PlayStore dan AppStore.

Beberapa aplikasi berikut tidak hanya mempunyai Al-Quran digital, tetapi juga fitur-fitur islami lainnya seperti arah kiblat, jadwal sholat, dan sebagainya jadi sangat membantu untuk menemani ibadah di bulan Ramadan agar lebih nyaman.

Aplikasi berikut pun umumnya sudah dibekali dengan berbagai fitur pendukung Al-Quran digital seperti informasi mengenai tajwid, teks terjemahan, audio, dan masih banyak lagi.

Buat Anda yang ingin aplikasi Al-Quran yang shahih, berikut 12 aplikasi Al-Quran dengan rating dan penilaian terbaik di PlayStore yang paling direkomendasikan.

1. Umma

Umma merupakan aplikasi komunitas muslim buatan anak bangsa yang banyak dikenal masyarakat. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang dapat membantu umat muslim saat beribadah. Mulai dari Al-Quran digital, jadwal sholat, petunjuk arah kiblat, dan kelas belajar agama Uclass.

Fitur Al-Quran yang tersedia di aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur tambahan untuk membantu mengaji di bulan Ramadan seperti terjemahan dalam berbagai bahasa, fitur pencari surah atau juz yang spesifik, bookmark untuk menandai posisi bacaan terakhir, dan panduan tajwid.

2. Qur'an Kemenag

Al-Quran Kemenag adalah aplikasi resmi yang dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi tidak heran kalau aplikasi ini termasuk salah satu bahasa Indonesia.

Selain menyediakan Al-Quran 30 juz, Al-Quran Kemenag juga dilengkapi dengan teks terjemahan beserta tafsirnya.

Selain itu, Al-Quran Kemenag juga memiliki fitur-fitur lainnya seperti asal-usul turunnya sebuah ayat, turunnya surat-surat Al-Quran dan juga layanan ayat harian.

Baca Juga   Objek Wisata Milik Bupati Solok Makan Korban, Pelajar Payakumbuh Tewas Meregang Nyawa

Aplikasi ini juga menghadirkan fitur suara murotal Al-Quran yang sangat sempurna bagi Anda yang mempunyai tipe pendengar.

3. Quran Best

Quran best merupakan aplikasi Al-Quran yang pembuatnya juga merupakan muslim Indonesia. Aplikasi ini dirancang semirip mungkin dengan Al-Quran cetak asli sehingga lebih nyaman saat dibaca.

Fitur Al-Quran yang tersedia juga cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, bookmark, mode malam, dan murottal 30 juz daripada qori (pelantun bacaan Al-Quran) terbaik.

Quran best juga memiliki fitur-fitur tambahan untuk membantu beribadah selama bulan Ramadan seperti pencatat jumlah lembar tilawah, jadwal shalat dan , podcast islami, Group Ngaji lewat fitur chat, dan juga pencari terdekat.

4. Al-Quran Indonesia

Rekomendasi aplikasi Al-Quran terbaik selanjutnya yaitu aplikasi Al-Quran Indonesia. isi dari Al-Quran Indonesia ini serupa dengan Al-Quran pada umumnya, yaitu menyediakan 114 surat dan 30 juz lengkap dengan tajwidnya.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur audio murottal 30 juz yang memungkinkan Anda untuk memilih satu di antara delapan qori yang tersedia.

Aplikasi Al-Quran Indonesia ini dapat Anda gunakan walaupun tidak tersambung dengan koneksi internet.

5. Quran for

Quran for Android merupakan salah satu aplikasi Al-Quran terbaik yang ada di PlayStore. Aplikasi buatan pengembang Quran.com ini menampilkan tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

Agar tetap nyaman saat dibaca untuk mengaji di malam hari, Quran for Android ini memiliki fitur mode malam. Fitur lain yang ditawarkan antara lain yaitu terjemahan hingga 20 bahasa, pemutaran audio, bookmark, menandai dan membagikan ayat.

6. Muslim Pro

Salah satu aplikasi Al-Quran terbaik ini cocok untuk Anda download dan gunakan saat di bulan Ramadhan nanti.

Baca Juga   Kondisi Ekonomi Nasional Buruk

Muslim pro bukan hanya aplikasi Al-Quran per juz saja karena aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur lain yang membuatnya sangat komprehensif.

Sebagai contoh, aplikasi ini memiliki database restoran halal dan tempat ibadah di sekitar lokasi Anda yang sangat berguna saat Anda sedang berpergian.

7. MyQuran

Aplikasi MyQuran ini merupakan produk asli dari The Wali Studio yang berbasis di Cimahi, Jawa Barat.

Salah satu keunggulan aplikasi ini daripada yang lain yaitu tidak adanya iklan apapun. Meskipun dapat digunakan secara , ada beberapa fitur tambahan lainnya yang hanya terdapat di versi premiumnya saja.

8. Aminin

Lagi-lagi, aplikasi buatan anak bangsa lainnya yaitu Aminin. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bahaso Intermedia Cakrawala, sebuah developer yang juga pengembang aplikasi belajar bahasa Bahaso.

Aplikasi ini menampilkan surat-surat Al-Quran dalam kartu warna-warni yang membuatnya menjadi lebih mudah dan menarik untuk dibaca.

Di bagian bawah setiap kartu terdapat tombol “Play” yang jika ditekan akan memutar lantunan ayat yang dibaca oleh seorang qori.

Tidak hanya untuk mengaji, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menguji kemampuan dalam membaca dan memahami Al-Quran. Fitur tambahan lainnya seperti terjemahan dan tafsir, bookmark, penanda ayat, dan fitur membagikan ayat ke juga terdapat dalam aplikasi ini.

9. Al-Quran (Tafsir & Per Kata)

Jika Anda sedang mencari aplikasi Al-Quran bahasa Indonesia terbaik yang mempunyai fitur-fitur menarik, Anda bisa mencoba aplikasi (Tafsir & Per Kata).

Beberapa fitur tambahan lainnya yang terdapat di aplikasi ini seperti tafsir, kode tajwid berwarna, terjemahan kata per kata, hingga Anda dapat memilih tema.

Bagi Anda yang suka menulis catatan, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk bisa menulis catatan pada setiap ayatnya agar tidak lupa.

Baca Juga   Kemudaratan di Presidential Threshold

Tidak hanya fitur bacaan teks Al-Quran saja, pada aplikasi ini Anda juga bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh lebih dari 30 qori. Aplikasi ini juga memiliki pilihan bahasa Indonesia.

10. Quran Majeed

Quran Majeed hadir dengan berbagai macam fitur menarik dan canggih agar membuat pengalaman membaca Al-Quran Anda menjadi mudah dan nyaman.

Aplikasi ini menyediakan berbagai tema yang menarik. Fitur pemberitahuan waktu juga tersedia di aplikasi ini. Jadi Anda dapat mengatur alarm sebagai pengingat waktu sholat.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur-fitur seperti tersedianya 45 bahasa termasuk , Indonesia, dan masih banyak lagi, fitur zoom in, opsi audio, menampilkan terjemahan dengan teks arab, dan lokasi wisata halal dan masjid-masjid sekitar lokasi pengguna.

11. Quranku

Lagi-lagi produk anak bangsa mengeluarkan aplikasi, kali ini aplikasi tersebut bernama Quranku. Mengusung tampilan antarmuka yang simpel, aplikasi ini terhitung ringan dibandingkan aplikasi-aplikasi yang lain dan juga sudah bebas iklan.

12. Quran Plus

Aplikasi Al-Quran offline Quran Plus ini juga dibuat oleh developer Muslim Media dan terhitung baru.

Keunikan dari aplikasi yaitu adanya fitur di mana Anda bisa membandingkan terjemahan Kementrian Agama dari edisi 1999 dan edisi 2002.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa hadis yang memiliki hubungan dengan ayat-ayat tertentu untuk penjelasan tambahannya..

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi Al-Quran terbaik yang bisa Anda gunakan dalam menyambut bulan suci Ramadan tahun 2022 ini dan memperkaya ilmu agama. ***