40.654 Tahun untuk Pencuri Kripto di Turki

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Kripto | Buliran.com

BuliranNews, ISTANBUL – Seorang jaksa Turki berniat mengajukan tuntutan hukuman penjara ribuan tahun untuk pendiri dan eksekutif platform jual-beli cryptocurrency Thodex. Saat ini pendiri platform ini sedang buron dan menghilang.

Jaksa mengajukan dakwaan terhadap penjara hingga 40.654 tahun untuk masing-masing 21 terdakwa Thodex, seperti dilaporkan Kantor Berita Demiroren, dikutip dari The Star, Jumat (1/4).

CEO Thodex Faruk Fatih Ozer berusia 28 tahun telah menghilang setahun terakhir dan jadi buronan setelah dideteksi pernah ke Bandara Istanbul pada April 2021. Tim Polisi Turki telah terbang keempat negara termasuk Albania untuk mencarinya tetapi gagal.

Thodex menjadi sorotan pada April 2021 lalu ketika salah satu paltform jual beli cryptocurrency terbesar di Turki ini menghentikan sementara transaksi pengguna dan menjanjikan akan mengembalikan dana pengguna.

Aplikasi ini disebut memiliki 400.000 anggota dan banyak warga Turki yang tergiur menggunakan aplikasi ini karena promosi pembelian Dogecoin dengan potongan harga tetapi tidak boleh menjualnya.

Faruk Fatih Ozer disebut melarikan di keluar negeri dengan membawa aset investor senilai US$2,6 miliar atau setara Rp 37,2 triliun (asumsi Rp 14.300/US$), menurut laporan Chainalysis.

Disebutkan Thodex bertanggung jawab 90% daari total nilai yang hilang secara global dari aksi ini. Para terdakwa dituduh mendirikan organisasi kriminal, penipuan melalui sistem informatika dan pencucian uang dari kegiatan kriminal. (*/roy/cic)

Baca Juga   Diduga Stres, Ratusan Tentara AS Bunuh Diri