Gunung Api Es Ditemukan di Pluto

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Gunung | Buliran.com

SEBUAH gambar yang diambil dari foto satelit menunjukkan, jika Pluto memiliki gunung berapi es. Ini berasal dari misi New Horizons yang dilakukan NASA.

“Kami menemukan bidang gunung api es yang sangat besar tidak terlihat seperti apapun yang pernah dilihat di tata surya,” kata penulis studi, Kelsi Singer, dikutip dari CNN Internasional, Rabu (30/3).

Gunung tersebut berada di wilayah barat daya lapisan es Sputnik Planitia. Ini menutupi cekungan tumbukan kuno membentang sejauh 1.000 km.

Wilayah itu sebagian besar terbuat dari es bergelombang yang penuh dengan kubah vulkanik. Dua paling besar dikenal sebagai Wright Mons dan Piccard Mons.

Wrings Ons memiliki tinggi sekitar 4-5 km dan membentang sejauh 150 km. Sementara Wright Mons dianggap volume yang sama dengan gunung berapi Mauna Loa di Hawaii, salah satu terbesar di Bumi.

Singer menjelaskan beberapa kubah diamati dalam gambar menjadi satu dan membentuk gunung lebih besar. Dilaporkan yang menciptakan adalah gunung berapi es.

“Cara fitur ini terlihat berbeda dari gunung berapi manapun di tata surya, baik gunung es atau gunung berapi berbatu,” jelasnya.

“Mereka terbentuk sebagai gunung, namun tidak ada kaldera di puncaknya, dan memiliki gundukan besar di seluruh mereka”.

Pluto diketahui memiliki inti berbatu. Namun para ilmuwan telah lama percaya bahwa Pluto tidak memiliki banyak pemanasan interior untuk memacu vulkanisme.

Baca Juga   Mengenal 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia