Mobil Vietnam, Mulai Masuki Pasar Otomotif di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Vinfast | Buliran.com

RAKSASA otomotif asal Vietnam, Vinfast, bakal segera meramaikan pasar otomotif Indonesia. Mencuatnya kabar itu terungkap setelah beredar foto desain dari beberapa produk VinFast di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Tidak hanya satu atau dua model, melainkan empat model sekaligus. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan mobil VinFast apa saja yang terdaftar pada pangkalan data Kemenkumham tersebut, berikut kulasannya.

VinFast LUX SA2.0

3.1 Vinfast Lux Sa2.0 | Buliran.com

Untuk mobil yang pertama diduga merupakan VinFast LUX SA2.0. Mobil ini tercatat resmi mendapatkan perlindungan paten pada 20 Maret 2018. Adapun yang mendaftarkannya, yakni Vinfast Trading and Production Limited Liability Company yang beralamat di kota Hai Phong, Vietnam

Menyasar segmen medium SUV, LUX SA2.0 merupakan mobil kedua VinFast yang diluncurkan secara global. Mobil ini dikembangkan oleh VinFast bekerja sama dengan BMW.

Memiliki kapasitas 7 penumpang, VinFast LUX SA2.0 dibekali dengan mesin bensin 4-silinder segaris berkapasitas 2.0 liter dan mampu memuntahkan tenaga 228 dk serta torsi puncak 350 Nm. Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan penggerak roda, rear wheel drive dan all wheel drive serta sistem transmisi otomatik 8-percepatan.

Menantang Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, dan Wuling Almaz, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Spesifikasi :

  • Head Unit Layar Sentuh 10,4 inci
  • 8-speaker
  • Wireless charger
  • Pengaturan AC Auto Dual Zone
  • Airbags
  • ABS + EBD
  • Brake Assist
  • Electronic Stability Control
  • Roll Over Mitigation
  • Hill Start Assist
  • Hill Descent Control
  • Kamera Parkir 360 derajat.

VinFast VF e35

3.2 Vinfast E35 | Buliran.com

Selanjutnya model kedua yang sudah tidak diragukan lagi, yakni SUV listrik VinFast VF e35. Kuatnya dugaan itu terutama dari keterangan yang tercantum pada pangkalan data Kemenkumham serta desain yang sangat mirip.

Baca Juga   Mobil Anda Mogok Seteleh Menerjang Banjir? Begini Cara Mengatasinya

Pada keterangannya diinformasikan kalau mobil ini merupakan sebuah alat transportasi yang digerakkan dengan motor listrik. Sama seperti gambar sebelumnya, gambar desain ini juga didaftarkan pada 7 Oktober 2020 oleh VinFast Trading and Production Limited Liability Company.

Berbeda dengan LUX SA2.0, VinFast VF e35 ini belum meluncur secara resmi di pasar global. Sehingga, belum ada informasi pasti mengenai detail informasi serta spesifikasi yang dimilikinya.

Namun bila mengutip dari Hotcars, mobil listrik ini diduga akan hadir dengan 2 spesifikasi motor listrik. Untuk spesifikasi pertama menggunakan motor listrik tunggal dan mampu menyemburkan tenaga 150 kW atau setara 201 dk dan torsinya sebesar 320 Nm.
Sementara untuk spesifikasi kedua, dibekali dengan motor listrik ganda yang diprediksi punya tenaga hingga 300 kW atau setara 402 dk dengan torsi 640 Nm.

Adapun untuk kemampuan baterainya, VinFast VF e35 ini diklaim memiliki baterai yang mampu membuatnya terus melaju sejauh 402 kilometer.

VinFast VF e34

3.3 Vinfast Vf E34 | Buliran.com

Berikutnya giliran mobil listrik VinFast VF e34 yang juga terdaftar pada pangkalan data Kemenkumham RI. Mobil listrik berjenis hatchback ini resmi mulai mendapatkan perlindungan pada 28 Agustus 2018 hingga 28 Agustus 2028.

Di pasar Vietnam, mobil listrik ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni setara Rp 430 jutaan. Secara spesifikasinya, VinFast VF e34 dibekali dengan motor listrik dan baterai berkapasitas 42 kWh.

Kombinasi itu menghasilkan tenaga 110 kW atau setara 148 dk dan torsi 242 Nm. Dengan kapasitas baterai yang dimilikinya, VinFast VF e34 ini diklaim mampu terus melaju sejauh 300 kilometer.

Selain bermodalkan jantung pacu yang mumpuni, mobil listrik ini juga punya desain yang cukup unik dan menarik. Maklum saja, seluruh mobil yang diproduksi VinFast memang dirancang secara khusus oleh desainer otomotif ternama, Pininfarina.

Baca Juga   Agar Mesin Tidak Mati, Begini Cara Melepas Kopling Mobil yang Benar

VinFast LUX A2.0

3.4 Vinfast Lux A2.0 | Buliran.com

Terakhir ada mobil sedan mewah, VinFast LUX A2.0. Ini merupakan mobil pertama yang diluncurkan VinFast secara global dan terus menjadi andalan.

Bila mengacu pada pangkalan data kekayaan Kemenkumham RI, desain gambar yang diduga dari VinFast LUX A2.0 ini resmi mendapatkan perlindungan pada 20 Maret 2018 hingga 20 Maret 2028.

Sama seperti mobil VinFast lainnya, LUX A2.0 ini juga didesain secara khusus oleh Pininfarina. Jadi tidak heran apabila sedan bongsor ini punya desain layaknya sedan premium Eropa.

Dibangun bekerja sama dengan BMW, VinFast LUX A2.0 ini menggendong mesin milik BMW berkode N20B20 4-silinder berkapasitas 2.0 liter turbocharger. Tenaga yang ditawarkannya mencapai 174 dk pada 4.500 rpm dan torsi 300 Nm pada 1.750 rpm hingga 4.000 rpm.

Untuk sistem transmisinya, sedan mewah ini mengadopsi transmisi otomatik 8-percepatan.***