TVS XL100, Si Unik di Pasar Otomotif Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Tvx | Buliran.com

DARI lima merek motor yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia atau AISI, empat di antaranya berasal dari Jepang. Sementara yang satu lagi dari India, yakn TVS.

Merek otomotif tersebut memang kurang populer di Tanah Air, padahal produk yang mereka tawarkan cukup beragam mulai dari motor bebek hingga skuter matik.

Terbaru, TVS Indonesia menghadirkan model TVS XL100 Heavy Duty yang merupakan seri legendaris di negara asalnya. Kendaraan ini diklaim memiliki kemampuan multi-fungsi yang aman dan tahan lama, untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari.

“Kami sangat antusias untuk meluncurkan TVS XL100 Heavy Duty i-Touchstart di Indonesia, untuk memenuhi beragam kebutuhan mobilitas para pencinta sepeda motor,” ujar Presiden Direktur PT TVS Motor Company, J Thangarajan melalui keterangan resmi, Selasa (29/3).

Kisah XL100 dimulai beberapa dekade lalu di India, dan model ini menjadi cikal bakal lahirnya tim balap TVS Racing. Desainnya dibuat sederhana, dan lebih mementikan fungsi serta kekuatan untuk melintasi berbagai jenis medan sembari membawa muatan.

Kursi belakang dapat dilepas, dan diletakkan di platform kokoh. Ruang lantai atau dek dibuat cukup besar, agar bisa menampung barang dengan ukuran yang cukup besar.

Jantung penggeraknya mengandalkan mesin satu silinder berkapasitas 100cc, yang menghasilkan 4,3 daya kuda. Tenaga disalurkan ke roda belakang, melalui transmisi satu percepatan yang bekerja layaknya matik.

Selain dibekali sistem injeksi, kuda besi ini juga sudah dilengkapi dengan starter yang terintegrasi pada mesin demi mengurangi kebisingannya.

“TVS XL100 Heavy Duty i-Touchstart mengandalkan sistem transmisi kecepatan tunggal yang unik, dapat dioperasikan hanya dengan satu perpindahan gigi dan bisa digunakan sebagai motor bersistem transmisi otomatis,” tuturnya. (*/vci)

Baca Juga   Guys, Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Meluncur hingga Akhir 2021 di Indonesia