Ratusan Ribu Pegawai Siap-Siap Kehilangan Jabatan

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Pns | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA – Reformasi birokrasi yang dirancang Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus dilakukan. Instansi terkait, terlihat sangat serius untuk melakukan transformasi besar-besaran terhadap kinerja aparatur sipil negara (ASN). Sejumlah strategi disiapkan.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) Alex Denni menjelaskan, akan membentuk individu ASN/PNS yang tangguh demi bisa menjawab kemajuan teknologi di masa depan.

Dalam membentuk PNS yang tangguh tersebut, kata Alex, Kemen PANRB telah menyiapkan enam strategi.

Pertama, penguatan budaya kerja dan employee branding. Di mana budaya kerja atau core value ASN sekarang sama di semua K/L, baik di daerah dan pusat.

Kedua, percepatan peningkatan kapasitas dengan cara pengetahuan masing-masing PNS harus terus diakselerasi.

“Gak bisa ASN itu bertahun-tahun gak dapat kesempatan belajar dan segala macam. Ini, kami siapkan, sedang membuat kebijakan-kebijakan sampai nanti mengarah ke learning wallet,” jelas Alex.

Learning Wallet yang dimaksud adalah anggaran khusus yang disiapkan pemerintah untuk para ASN untuk bisa meningkatan keterampilan dan pengetahuan. Namun, sampai saat ini Alex belum bisa memberikan gambaran berapa anggaran yang akan disiapkan pemerintah untuk learning wallet tersebut.

Kemudian strategi ketiga untuk membentuk ASN/PNS yang tangguh yakni, peningkatan kinerja. Termasuk di dalamnya perbaikan sistem penghargaan untuk ASN. Jadi, ASN akan dituntut profesionalismenya, namun penghargaan atau reward juga akan diperhatikan.

Baca Juga   Tolak Lockdown, Negeri Belanda Mencekam