Ulama Harus Miliki 5 T

2. MUI.jpg | Buliran.com

, DEPOK – Alim ulama adalah sebuah kelompok yang hadir di tengah masyarakat dengan tugas yang mulia yaitu menyampaikan informasi yang bersumber dari Al Quran dan Hadits.

Dengan kata lain, sebagai penyampai hal-hal yang baik, tentunya alim ulama harus bisa menjadi panutan dan teladan bagi warga yang menjadikan mereka sebagai sandaran dalam mengetahui dan mendalami ilmu keagamaannya.

Untuk itu, seorang ulama harus memiliki lima kriteria yang tak bisa tidak harus mereka miliki. Yaitu 5 T.

“Apa itu 5 T? 5 T adalah : Taklim, Tauiyah, Ta'udi, Tarsid dan Ta'biah,” kata Depok KH M Idris saat pengukuhan kepengurusan MUI kelurahan se Kecamatan , Jumat (25/3).

Ulama menurutnya harus dihargai dan ditempatkan sebagaimana seharusnya. Untuk itu, MUI sebagai wadah ulama yang ada di Indonesia, perlu merawat kaderisasi ulama, sehingga tak menyusut, berkurang atau malah habis seiring dengan perkembangan zaman.

KH Ajeng Fachrudin selaku ketua MUI Kecamatan Tapos menambahkan, kaum ulama harus bisa menjadi corong yang baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pewaris nabi di muka bumi.

‘Karenanya, jangan sampai keberadaan ulama justru mendapat sorotan yang tidak baik dari banyak pihak, semisal menyampaikan narasi yang tidak tepat saat berceramah,” imbuhnya.

H Abdul Mutolib sebagai Camat Tapos dalam kesempatan itu berharap, karena beberapa hari lagi ummat Islam akan menjalankan ibadah , tentunya tugas para ulama semakin padat dalam memberikan ceramah agama.

“Saya hanya berpesan agar tetap menjaga dengan selalu mengedepankan acuan protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah,” imbuhnya.

Dan terkait dengan protokol kesehatan itu pula kata Pak Camat pengurus MUI se-Kecamatan Tapos yang dilantik hanya tiga orang perkelurahan yaitu Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Baca Juga   Silek Harimau, Benteng Diri dan Budaya Masyarakat Minangkabau

Berikut nama-nama ketua MUI se-Kecamatan Tapos yang dilantik :

  • Kelurahan Sukamaju Baru : H Zaenuddin. HR SAg, Suladi dab H Rasipin Sudianto
  • Kelurahan Kelurahan : Ahmad Rivai, Sadikin .MA dan Abdul Somad
  • : Ahmad Said, SPdI, Yoga dan Fajar Harguna
  • Kelurahan Leuwinanggung : KH M Zakia SPdI, Safrudin SPdI dan Uwoh Pramijaya SPdi, MM
  • : Arifin Tahilia, Achmad Adhek Dwi Putra dan M Mailul Sofi
  • Kelurahan : KH Ujang Tarmiji, Suwardi dan Siti Habibah SPdI
  • Kelurahan Tapos : Drs H sanusi, Yasin dan Rudin