Makedonia Utara Kubur Mimpi Italia ke Qatar

7. italia | Buliran.com
MENANGGIS, pungawa Timnas Italia menangis meratapi kegagalan mereka ke Piala Dunia Qatar 2022 setelah secara dramatis dikalahkan Makedonia Utara 0-1.

, PALERMO – Entah mimpi apa yang ada di benak fans , sehingga juara Piala (Euro)ini, tidak lolos ke setelah tersingkir di play-off karena dikalahkan tamunya, , dengan skor 0-1 di Stadio Renzo Barbera, Palermo, pada Jumat (25/3) dini hari.

Ini tentu sebuah catatan yang sangat memalukan, karena tak banyak penggila bola yang mengenal catatan impresif Makedonia Utara. Namun itulah yang terjadi, dari laman resmi , tim tamu berhasil mencetak gol secara dramatis berkat tendangan Aleksandar Trajkovski beberapa menit sebelum laga usai.

Kemenangan ini membuat Makadonia Utara melaju ke final play-off dan menghadapi Portugal yang sukses menyingkirkan Turki dengan skor 3-1. Italia tampil agresif sejak awal awal. Namun, meski mendominasi, tuan rumah kesulitan membongkar membongkar pertahanan Makedonia Utara.

Italia mendapat peluang pada menit ke-30. Kiper Makedonia Utara Stole Dimitrievski melakukan kesalahan dengan memberikan bola kepada Domenico Berardi, tetapi tendangannya masih terlalu lemah dan bisa dihentikan kiper Stole Dimitrievski.

Italia terus menggempur pertahanan Makedonia Utara. Marco Verratti menyodorkan bola kepada Ciro Immobile yang kemudian diselesaikan dengan tembakan kaki kiri. Namun, Dimitrievski masih bisa menepisnya.

Lorenzo Insigne melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola ditepis oleh Dimitrievski dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Italia.Makedonia Utara bukan tanpa peluang.

Bardi memberikan umpan terobosan kepada Trajkovski yang kemudian diteruskan dengan tendangan ke gawang. Sayang bola masih bisa diantisipasi oleh Donnarumma. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di awal babak kedua, Italia masih kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara. Beberapa upaya Italia kerap diblok barisan pertahanan tim tamu.

Baca Juga   Hampir 4 Pekan, Jokowi Belum Dijadwalkan ke Sintang

Berardi mendapat sejumlah peluang, tetapi tidak membuahkan berbuah gol. Salah satu tembakannya masih mengarah ke kiper Makedonia Utara.Kegagalan Italia memanfaatkan peluang-peluang itu akhirnya harus dibayar mahal oleh mereka karena tim tamu sukses mencetak gol di masa injury time atau tepatnya menit ke-90+2.

Berawal dari tendangan gawang, pemain Makedonia Utara memenangi duel udara di lapangan tengah dan bola jatuh ke kaki Trajkovski yang kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti hingga gagal dijangkau oleh Donnarumma.

Skor menjadi 1-0. Italia mencoba melancarkan serangan untuk menyamakan kedudukan, tetapi Makedonia Utara sukses mempertahankan keunggulannya sampai peluit panjang dibunyikan.

Italia pun harus gigit jari setelah kali kedua gagal lolos ke . Pada Piala Dunia 2018 , Italia juga gagal lolos.

Susunan Pemain:

Italia (4-3-3)

Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini (Giorgio Chiellini 90′), Emerson; Nicolo Barella (Sandro Tonali 77′), Jorginho, Marco Verratti; Domenico Berardi (Joao Pedro 89′), Ciro Immobile (Lorenzo Pellegrini 77′), Lorenzo Insigne (Giacomo Raspadori 64′).

Makedonia Utara (4-4-2)

Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Darko Velkoski, Visar Musliu, Ezgjan Alioski; Darko Churlinov, Arijan Ademi (Stefan Askovski 59′), Enis Bardhi, Boban Nikolov (Stefan Spirovski 59′); Aleksandar Trajkovski, Milan Ristovski (Bojan Miovski 72′). (*/rep)