Daerah  

Bumikan Pancasila Melalui Kampung Pancasila

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Imam.jpg | Buliran.com
DANDRAMIL 06/Comanggis, Mayor Kav Imam Purwanto bersama Camat Tapos, H Abdul Mutolib ngopi bareng membahas Kampung Pancasila di kecamatan Tapos.

BuliranNews, DEPOK – Kampung Benteng Pancasila yang hadir di Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, harus menjadi titik awal kembali membuminya Pancasila di Kota Depok.

Sebab, belakangan nilai-nilai dan falsafah yang terkandung dalam Pancasila, mulai banyak diabaikan bahkan dilupakan oleh masyarakat. Akibatnya, desintegrasi dan juga perasaan saling curiga kerap muncul diantara berbagai elemen yang ada di masyarakat.

Demikian antara lain dikatakan Komandan Kodim 0508/Depok, Kolonel Inf Elfino Yudha Kurniawan melalui Dandramil 06/Cimanggis Mayor Kav Imam Purwanto.
“Pancasila harus kembali membumi dan dijadikan dasar dalam berbuat, bertindak dan juga menyampaikan pendapat di negara kesatuan Indonesia ini. Bingkai itu harus kembali kita eratkan sehingga makin kokoh, kuat dan solid,” jelasnya.

Disebutkan, dibentuknya Kampung Pancasila yang awalnya diprakarsai oleh Kasad Jenderal Dudung Abdurahman saat masih menjadi Pangdam Jaya, adalah untuk mengembangkan nilai kerukunan antar sesama masyarakat sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Semangat saling membantu dan saling bergontong royong harus kembali dihidupkan, semangat Pancasila jangan sampai hilang namun justru sebaliknya harus kembali dibumikan dan ditancapkan agar generasi muda tak terlena dengan kemajuan teknologi yang saat ini merebak sehingga nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila terabaikan,” imbuhnya.

Melalui Kampung Pancasila yang diharapkan menjadi benteng kembali hidupnya nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, diharapkan ke depan masyarakat Indonesia khususnya di Kecamatan Tapos bisa kembali memberikan warna di tengah masyarakat.

Baca Juga   Kenakan Pakaian Buatan Sendiri, Pelatihan Menjahit Kelurahan Tapos, Dinilai Sukses