Deretan Klub Eropa dengan Pendapatan Tertinggi Tahun Lalu

5. klub | Buliran.com

SEPANJANG tahun 2021, meski efek dari belum juga tuntas. Namun geliat ekonomi telah mulai kembali dirasakan. Begitupun halnya dengan dunia sepakbola.

Perusahaan konsultan dan akuntansi global Deloitte dalam laporannya, merilis daftar tim-tim Eropa dengan pendapatan tertinggi musim lalu. Berikut nama-nama yang tembus 10 besar.

10. Tottenham Hotspurs

5.10. spurs | Buliran.com

Klub sepakbola yang berbasis di London Utara ini berada di posisi ke sepuluh. Klub yang diawaki Cs ini, sepanjang tahun 2021 berhasil menghimpun pendapatan sebesar 406,2 Juta Euro.

9. Juventus

5.9 juventus | Buliran.com

Si Nyonya Tua Juventus membuntuti di belakang Spurs. Juventus yang bermarkas di Kota Turin, ini sepanjang tahun lalu berhasil meraup pendapatan sebesar 433,5 Juta Euro.

8. Chelsea

5.8.1 chelsea | Buliran.com

The Blues menguntit di posisi kedelapan. Klub yang bermarkas di Kota London dan saat ini berada dalam proses penjualan ini, tahun 2021 lalu berhasil menghimpun pemasukan sebesar 493,1 Juta Euro.

7. Liverpool

5.7 Liverpool | Buliran.com

Si Merah Liverpool tak mau kalah, klub yang berbasis di Kota Pelabuhan Liverpool dengan dibintangi Mohammed Salah ini, sepanjang tahun 2021 lalu, mampu menumpuk pundi keuangan klub dengan pendapatan sebesar 550,4 Juta Euro.

6. Paris Saint Germain

5.6 Paris Saint Germain | Buliran.com

Klub kaya raya Prancis yang bermarkas di Kota Paris yaitu Paris Saint Germain atau berjuluk Le Parissien ini berada di posisi selanjutnya. Dengan pendapatan mencapai 556,2 Juta Euro, berada di posisi keenam.

5.

5.5 MU | Buliran.com

Red Devil alias Manchester United berada di posisi kelima sebagai dengan pemasukan tertinggi tahun lalu. Klub dari Kota Pelabuhan Manchester ini sepanjang tahun 2021, mampu mengisi kas klub dengan gelontoran 558 Juta Euro.

Baca Juga   Manchester Milik Si Biru

4. Barcelona

5.4 Barca | Buliran.com

Sejumlah persoalan yang mendera hingga berujung pada “kaburnya” sang mega bintang ke PSG, berdampak langsung pada pemasukan klub yang bermarkas di Kota Barcelona ini. Jika di tahun 2020, Blaugrana nagkring di posisi pertama sebagai klub dengan pemasukan paling tinggi, tahun lalu pemasukan klub ini hanya sebesar 582,1 Juta Euro dan berada di posisi keempat.

3.

5.3 munchen | Buliran.com

Jagoan , Bayern Munchen yang sepanjang tahun lalu berhasil mengeruk pendapatan sebesar 611,4 Juta Euro, berada di posisi ketiga.

2. Real

5.2 madrid | Buliran.com

Kejutan, saat Barcelona tak menempati posisi teratas sebagai klub dengan pendapatan terbanyak, ternyata posisi tersebut tak digantikan oleh El Real. Klub dengan berbagai prestasi yang bermarkas di Kota Madrid ini hanya berada di posisi kedua dengan penerimaan sebesar 640,7 Juta Euro.

1. Manchester City

5.1 City | Buliran.com

Tetangga berisik dari Manchester United berada di posisi puncak. Dengan pendapatan sebesar 644,9 Juta Euro, Citizen yang dilatih ini, memuncaki klub dengan pendapatan tertinggi di belahan Benua Biru sepanjang tahun lalu. (***)