FPII Kembali Kecam Dewan Pers

Avatar Of Teddy Chaniago
Fpii Kembali Kecam Dewan Pers
FPII Kembali Kecam Dewan Pers

BuliranNews, JAKARTA – Suara keras kembali dilantunkan ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Kasihhati. Dia  kembali memberikan kritik dan kecaman keras kepada Dewan Pers (DP) yang dianggap telah keterlaluan dalam mengatur tata kelola media yang ada di Indonesia.

“Emangnya mereka (DP-red) siapa ? Mau seenak perutnya ngatur organisasi wartawan,” tegas Kasihhati kepada sejumlah jaringan media FPII di Jakarta, Minggu (20/3) dengan nada kesal.

Sentilan keras dari ketua Presidium FPII itu lahir, menyusul adanya pernyataan Wakil Ketua Dewan Pers CH. Bangun sebagaimana dilansir sejumlah media baru-baru ini. Dimana menurutnya pernyataan tersebut nyeleneh dan berbau politisasi serta seakan menebar kebencian dan kesesatan dengan menyebut bahwa organisasi pers harus terverifikasi di DP dan jika tidak organisasi pers itu ilegal.

“Sok ngatur organisasi pers, dan sepertinya dia nggak paham tugas dan wewenang Dewan Pers sebagaimana ketentuan Pasal 15 UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,”. Sebaiknya DP ngurus saja organisasi pers konstituennya, nggak usah ikut ngurus organisasi pers yang bukan konstituennya,” tambahnya kesal.

Kasihhati yang sudah hampir 30 tahun menjadi pemimpin redaksi itu, juga mengatakan, pernyataan Wakil Ketua DP. CH. Bangun, samimawon alias sama nyelenehnya dengan pernyataan Ketua DP M.Nuh yang beberapa waktu lalu pernah pula menyampaikan statemen, Perusahaan Pers yang telah memiliki legalitas hukum seperti akta pendirian (PT) dan (SIUPP) dianggap belum cukup, sehingga harus melalui verifikasi dan ijin dari Dewan Pers.

Baca Juga   Hingga September 2021, Sebanyak 3.758 Aduan Diterima Komnas HAM