Atasi Kulit Gosong dengan 10 Bahan Sederhana Ini

8. gosong | Buliran.com

BERDOMISILI di negara tropis seperti Indonesia membuat sengatan matahari bukan menjadi hal asing bagi kita. Kondisi ini bisa kita alami ketika terlalu banyak berjemur atau sekadar beraktivitas di luar ruangan.

Pada dasarnya, kulit terbakar matahari pada dasarnya merupakan radang kulit yang disebabkan karena eksposur berlebih dari radiasi ultraviolet. Ketika tubuh terpapar matahari lebih dari seharusnya, maka kulitmu akan terbakar matahari.

Usai kulitmu terbakar matahari, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah bahan yang bisa membantu mengatasi kulit terbakar matahari.

Oatmeal

Oatmeal diketahui dapat mengurangi rasa perih dan gatal yang muncul usai kulit terbakar matahari. Makanan ini juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi karena panas matahari. Caranya, campur oats kering pada hangat kemudian oleskan pada daerah yang gosong.

Susu

Susu bisa memiliki efek menyembuhkan dan mengurangi dampak terbakar matahari dan iritasi. Rendam kain pada susu dan kemudian usap pada daerah yang baru terbakar.

Teh Hitam

Teh hitam mengandung asam tannin yang mengurangi warna merah karena efek terbakar matahari. Caranya, rendam kain pada teh hitam dan kemudian usap pada daerah yang baru terbakar.

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik dan asam laktat yang cukup baik dalam mengurangi kulit memerah dan meredakan kulit. Usap yogurt secara langsung pada kulit yang gosong dan kemudian cuci 10 menit setelahnya.

Aloe Vera

Aloe Vera bisa menjadi pelembap yang membantu mengatasi kulit terbakar. Gunakan aloe vera setelah didinginkan di kulkas bisa membuat kulitmu terasa lebih baikan.

Jaga Asupan Air

Baca Juga   Perut Kosong? Jangan Ngopi Bro !

Menjaga asupan air di dalam tubuh bisa membantu mengatasi kulit yang terbakar matahari. Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi buah seperti jeruk dan semangka karena kaya C dan mengobati. Selain itu, minum banyak air atau minuman kaya elektrolit lain seperti air kelapa.

Kayu Cendana

Kayu cendana memiliki kandungan yang mampu mendinginkan sehingga cocok untuk mengobati masalah di kulit dan meredakan bengkak serta kemerahan. Tambahkan susu pada bubuk kayu cendana kemudian jadikan pasta pada kulit yang mengalami masalah.

Irisan Mentimun

Irisan mentimun dapat memberikan efek menyegarkan dan melegakan pada kulit. Menempatkan irisan mentimun dingin pada area kulit yang gosong bisa membantu mengurangi rasa perih.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint merupakan pereda rasa sakit alami. Minyak ini membantu meringankan rasa sakit dari kulit terbakar dan memberi rasa dingin. Minyak ini juga mampu meringankan rasa akibat sakit kepala.

Minyak Lavender

Minyak lavender dapat membantu mengurangi rasa perih akibat terbakar dan mengurangi kemerahan di kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mengurangi rasa sakit dan memiliki kandungan anti peradangan.

Deretan bahan tersebut bisa coba kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit terbakar. Walau begitu, ketika penanganan secara mandiri yang kamu lakukan tak berhasil, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. ***