Gunung Krakatau, Keindahan nan Senantiasa Menebar Ketakutan

Avatar Of Teddy Chaniago
12. Gunung | Buliran.com

MENDENGAR nama Krakatau pasti yang ada di benak kita adalah gunung api yang ganas karena ledakannya yang pernah terjadi begitu dasyat. Krakatau merupakan legenda kegunungapian yang ada di Indonesia diantara puluhan bahkan ratusan gunung api aktif lainnya yang ada di negeri ini.

Akibat letak geologis Indonesia, Indonesia merupakan negara yang berada di lingkaran cincin api. Hal ini menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api baik gunung berapi yang tidak aktif maupun yang masih sangat aktif dan salah satunya adalah Krakatau.

Kali ini kita akan membahas mengenai gunung Krakatau yang baru- baru ini menjadi pembicaraan banyak orang di Indonesia karena berhubungan sebuah bencana yang melanda tanah air.

Sejarah Singkat Krakatau

Krakatau sebenarnya merupakan komplek pegunungan vulkanik aktif yang berada di tengah laut. Gunung Krakatau ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, yang dikenal dengan nama Krakatau Purba.

Gunung Krakatau Purba diperkirakan memiliki tinggi 2.000 mdpl dengan diameter hingga 11 km yang terletak di tengah laut. Konon letusan Krakatau purba sangat dasyat hingga dampaknya memisahkan Pulau Jawa dan Sumatera dan mempengaruhi hingga ke beberapa belahan dunia serta memusnahkan beberapa peradaban.

Setelah letusan yang maha dasyat ini gunung Krakatau purba dengan menyisakan kaldera atau kawah besar yang ada di bawah laut. Tepi kawah tersebut membentuk tiga pulau vulkanik yaitu Pulau Rakata, Pulau Panjang dan Pulau Sertung. Setelah itu lahirlah Gunung Krakatau.

Baca Juga   Mengenal 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia