Rusia Dikucilkan, Warga Jerman Terancam Kedinginan

3. rusia 1 | Buliran.com

, BERLIN – Pengucilan dengan berbagai kebijakan oleh Amrika dan sekutunya dan juga , ternyata diam-diam menjadi sebuah kekhawatiran di berbagai negara Eropa terutama .

Menteri Jerman Robert Habeck mengatakan, pihaknya akan membahas mengenai pasokan gas alam cair (LNG) kepada Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA). Hal ini sebagai cara untuk mengurangi ketergantungan gas dari Rusia.

Maklum, bagi Jerman, Rusia adalah pemasok gas terbesar ke negaranya. Tercatat dalam situs web Kementerian Ekonomi. Sekitar setengah dari impor LNG Jerman berasal dari Rusia.

Sejak Rusia menginvasi , Habeck mengatakan pihaknya telah berinisiatif untuk mengurangi ketergantungan energi Jerman pada Rusia, termasuk pesanan besar LNG non-Rusia, rencana terminal untuk mengimpor LNG dan memperlambat keluarnya negara itu dari batu bara.

Habeck, sebelum perjalanan pada hari Sabtu, ia mengatakan tujuannya ke Qatar dan UEA adalah untuk membangun kemitraan hidrogen dalam jangka menengah.

“Jika kami tidak mendapatkan lebih banyak gas pada musim dingin mendatang dan jika pengiriman dari Rusia dihentikan, maka kami tidak akan memiliki cukup gas untuk memanaskan semua rumah kami dan membuat semua industri kami tetap berjalan,” kata Habeck kepada radio Deutschlandfunk, Sabtu (19/3).

Adapun perjalanan Habeck ke Qatar dan UEA akan ditemani oleh 20 perwakilan dari perusahaan Jerman, khusunya lebih banyak dari sektor energi.

Seperti yang diketahui, Komisi Eropa juga memiliki rencana untuk menghapus ketergantungan Uni Eropa pada gas, minyak, dan batu bara Rusia dalam lima tahun.

Habeck, juga menteri urusan iklim, baru-baru ini mengunjungi pembangkit tenaga gas lain Norwegia, serta eksportir global teratas saat ini, Serikat.

Baca Juga   Astagfirullah! Terperangkap di Roda Pesawat, Pemain Muda Timnas Afghanistan Tewas

Berlin mendapat atas penentangannya terhadap embargo langsung yang dikenakan pada pasokan energi Rusia sebagai cara untuk mencekik sumber utama pendapatan asing Moskow. (*/pgr/cic)