Ini Lho! Sumber Penghasil Polusi Udara

Avatar Of Teddy Chaniago
13. Polusi | Buliran.com

POLUSI UDARA membunuh sekitar tujuh juta orang di seluruh dunia setiap tahun. Data WHO menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang menghirup udara yang mengandung polutan tingkat tinggi. WHO bekerja sama dengan negara-negara untuk memantau polusi udara dan meningkatkan kualitas udara.

Dari kabut asap yang menggantung di kota hingga asap di dalam rumah, polusi udara merupakan ancaman besar bagi kesehatan dan iklim. Efek gabungan dari pencemaran udara luar dan rumah tangga menyebabkan sekitar tujuh juta kematian prematur setiap tahun, sebagian besar sebagai akibat dari peningkatan mortalitas akibat stroke, penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronis, kanker paru-paru dan infeksi saluran pernapasan akut.

Lebih dari 80% orang yang tinggal di daerah perkotaan terpapar pada tingkat kualitas udara yang melebihi batas pedoman WHO, dengan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah menderita paparan tertinggi, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Berikut adalah sumber-sumber polusi udara yang terjadi di Dunia:

Industri dan Produksi Energi

Produksi Energi dari pembangkit listrik bertanggung jawab atas emisi sekitar 65% dari total emisi nasional oksida sulfur, 45% dari total emisi nitrogen oksida nasional, dan 38% dari total emisi.

Produksi Energi dari pembangkit listrik tenaga batu bara dianggap yang paling mencemari. Pembangkit listrik berbahan bakar batubara mengeluarkan hingga 30 kali lebih banyak polutan udara daripada pembangkit listrik berbahan bakar gas. Selain polutan yang disebutkan di atas, pabrik batu bara memancarkan zat lain yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan seperti merkuri, selenium, boron dan dioksin serta menghasilkan ratusan ribu abu batubara setiap tahun.

Baca Juga   Mengenal Perusahaan Migas Raksasa di Dunia