Ubah Motor Biasa Jadi Listrik, Begini Caranya

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Motor | Buliran.com

SECARA teknis mengubah motor berbahan bakar minyak ke listrik sangat mungkin untuk dilakukan. Tapi yang jelas cara atau prosesnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Untungnya kini semakin banyak bengkel yang bisa mengaplikasikan modifikasi semacam itu sekaligus menawarkan paket konversinya.

Bukan rahasia lagi tren motor listrik semakin ramai belakang ini. Salah satu bukti terpampang secara nyata saat penyelenggaraan IIMS Hybrid beberapa waktu lalu. Kala itu sejumlah brand menghadirkan produk motor listrik baru dalam waktu yang relatif berbarengan.

Benelli, NIU, dan Selis adalah beberapa nama yang melakukannya. Di luar itu, secara umum segmen motor listrik pun kerap kedatangan pemain anyar. Ambil contoh brand sepeda United yang belakangan juga memutuskan ikut bermain di segmen ini.

Produk yang kian variatif tentunya menjadi pertanda bagus. Hal tersebut adalah indikasi segmen bergerak ke arah yang positif. Di sisi lain konsumen pun jadi punya pilihan yang tambah banyak.

Tapi apakah dengan begitu otomatis setiap orang mau beralih dari motor biasa ke listrik? Tunggu dulu. Ada beberapa hal yang dapat dilihat sebagai penghambat transisi tersebut.

Bukan hanya terkait jarak tempuh atau kapasitas baterai. Melainkan juga termasuk soal harga dan desain produknya. Mesti diakui harga motor listrik tak bisa dibilang murah.

Berdasarkan pantauan, mayoritas motor listrik di Indonesia ditawarkan dengan banderol Rp20 jutaan sampai Rp30 jutaan. Itu artinya setara motor baru bermesin pembakaran internal dengan kapasitas 150 cc.

Baca Juga   Anda Pecinta SUV, Ini Kami Rekomendasikan yang Terbaik