Budaya  

PPSI, Pintu Masuk Tumbuh Kembangkan Budaya di Kota Depok

1. apri.jpg | Buliran.com

, DEPOK – Persatuan Pencaksilat Seluruh Indonesia () yang baru saja dikukuhkan keberadaannya, patut disambut gembira. Sebab, organisasi yang memayungi seni beladiri tradisi itu, bisa jadi pintu masuk untuk menumbuh kembangkan budaya yang ada dan tumbuh secara turun temurun di tengah masyarakat.

Untuk itu, pengurus DPD PPSI Kota Depok harus bisa bersinergi dengan kelembagaan yang ada, baik itu pemerintahan atau eksekutif maupun para atau legislasi.

Demikian antara lain dikatakan H , dewan pembina DPD PPSI Kota Depok saat dimintai komentarnya seputar pencak silat tradisi itu.

Rizki yang juga wakil rakyat di DPRD Jawa Barat dari Partai , berharap agar kehadiran PPSI bisa pula menjadi pintu untuk hadirnya budaya atau tradisi masyarakat lainnya yang ada di masyarakat.

“Saya percaya, PPSI akan menjadi pintu masuk untuk tumbuh kembangnya budaya atau tradisi ini di Kota Depok. Dan tentunya, kerjasama antara semua pihak sangat dibutuhkan agar tradisi ini bisa besar dan benar-benar menjadi bagian dari kehidupan warga Kota Depok,” ucapnya.

Mati Obor

Terkait dengan seni budaya pencaksilat itu , Apri melihat generasi muda hampir mati obor dengan kebudayaan itu sendiri.

Karenanya, diharapkan kegiatan ini kembali hidup dan menjadi bagian kehidupan masyarakat melalui sanggar-sanggar budaya yang ada.

Tak hanya itu, sebagaimana harapan pengurus DPW PPSI Jawa Barat, Apri juga berharap agar seni budaya ini bisa menjadi bagian dari sebuah kurtikulum di sekolah.

“Kami berharap ada usulan dari penggiat seni agar mengusulkannya sehingga kami di DPRD sebagai wakil rakyat bisa memperjuangkannya sehingga usulan itu bisa direalisasikannya,” imbuhnya.

Baca Juga   Kajang Leko, Rumah Adat Jambi yang Penuh Makna

Dalam kesempatan itu, Apri juga berharap agar pemerintah daerah bisa meningkatkan perhatiannya pada kegiatan seni dan budaya, tak hanya silat tradisi, namun juga seni budaya lainnya yang selama ini telah ada di masyarakat.

Siap Memperjuangkannya di Legislatif

Tak hanya H Rizki Apriwijaya yang menjanjikan akan memperjuangkan agar seni tradisi pencaksilat menjadi sebuah kurikulum di sekolah sebagaimana usulan DPW PPSI Jawa Barat, selaku anggota pun menjanjikan hal serupa.

“Kalau DPW dan DPD PPSI se-Jawa Barat telah sepakat untuk menjadikannya sebagai sebuah kurikulu, tentunya saya selaku bagian dari dewan pembina akan berupaya memperjuangkannya di DPRD Kota Depok,” jelas H Iman.

H Iman yang juga berasal dari , mengatakan bahwa menjadikan pencaksilat sebagai sebuah kurikulu, selain akan semakin mendekatkan seni tradisi itu pada generasi muda, pun juga secara langsung membesarkan seni tradisi tersebut.

“Kalau kita semua bersepakat, tentunya tak ada yang tak mungkin. Saya sebagai bagian dari PPSI Kota Depok, siap berjuang sekuat tenaga untuk merealisasikannya,” kata H Iman mengakhisi. (ted)