Budaya  

PPSI, Pintu Masuk Tumbuh Kembangkan Budaya di Kota Depok

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Apri.jpg | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Persatuan Pencaksilat Seluruh Indonesia (PPSI) Kota Depok yang baru saja dikukuhkan keberadaannya, patut disambut gembira. Sebab, organisasi yang memayungi seni beladiri tradisi itu, bisa jadi pintu masuk untuk menumbuh kembangkan budaya yang ada dan tumbuh secara turun temurun di tengah masyarakat.

Untuk itu, pengurus DPD PPSI Kota Depok harus bisa bersinergi dengan kelembagaan yang ada, baik itu pemerintahan atau eksekutif maupun para wakil rakyat atau legislasi.

Demikian antara lain dikatakan H Rizki Apriwijaya, dewan pembina DPD PPSI Kota Depok saat dimintai komentarnya seputar pencak silat tradisi itu.

Rizki yang juga wakil rakyat di DPRD Jawa Barat dari Partai Gerindra, berharap agar kehadiran PPSI bisa pula menjadi pintu untuk hadirnya budaya atau tradisi masyarakat lainnya yang ada di masyarakat.

“Saya percaya, PPSI akan menjadi pintu masuk untuk tumbuh kembangnya budaya atau tradisi ini di Kota Depok. Dan tentunya, kerjasama antara semua pihak sangat dibutuhkan agar tradisi ini bisa besar dan benar-benar menjadi bagian dari kehidupan warga Kota Depok,” ucapnya.

Mati Obor

Terkait dengan seni budaya pencaksilat itu sendiri, Apri melihat generasi muda hampir mati obor dengan kebudayaan itu sendiri.

Karenanya, diharapkan kegiatan ini kembali hidup dan menjadi bagian kehidupan masyarakat melalui sanggar-sanggar budaya yang ada.

Tak hanya itu, sebagaimana harapan pengurus DPW PPSI Jawa Barat, Apri juga berharap agar seni budaya ini bisa menjadi bagian dari sebuah kurtikulum di sekolah.

Baca Juga   Kaya dengan Motif Jadikan Batik Depok Lebih Unik