Deretan Negara Terkaya di Benua Afrika

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Afrika | Buliran.com

Deretan Negara Terkaya di Benua Afrika Afrika sering dikenal dengan negara beriklim tropis dan subtropis yang tandus, miskin dan banyak sebuatn lainnya. Padahal, nyatanya ada sederet negara terkaya di Benua Afrika yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.

1. Libya

1.1 Libya | Buliran.com

Produksi minyak yang tinggi membuat Libya menjadi negara terkaya di Afrika nomor 1. Nama “Libya” berasal dari bahasa Mesir yakni “Lebu”, sebutan bagi orang-orang Berber yang tinggal di sebelah barat Sungai Nil.

Kata “Lebu itu kemudian diadopsi oleh bahasa Yunani sebagai “Libya”. Perekonomian dan pembangunan Libya terbilang baik, meskipun beberapa kali terjadi perang.

2. Afrika Selatan

1.2 Afrika Selatan | Buliran.com

Afrika Selatan adalah negara yang cukup dikenal warga dunia. Terutama saat negara terkaya di Benua Afrika nomor dua ini menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2010.

Kekayaan sumber daya alam Afrika Selatan bermacam-macam. Mulai dari emas, kromium, antimon, batubara, bijih besi, nikel, timah, berlian, permata, gas alam, dan produk tambang lainnya.

Berdasarkan jumlah pendapatan per kapita, negara ini juga menduduki negara terkaya nomor 3 di Afrika. Yakni dengan nilai rata-rata 4.981 dollar.

3. Aljazair

1.3 Aljazair | Buliran.com

Aljazair atau yang dikenal juga dengan nama Algeria adalah negara yang terletak di sisi Barat Laut Benua Afrika. Negara dengan ibukota Aljir ini memiliki keindahan alam yang sangat indah karena menghadap laut Alboran dan laut Balearic.

Baca Juga   Mengenal 7 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia