Deretan Negara Terkaya di Benua Afrika

1. afrika | Buliran.com

Deretan Negara Terkaya di Benua  Afrika sering dikenal dengan negara beriklim tropis dan subtropis yang tandus, miskin dan banyak sebuatn lainnya. Padahal, nyatanya ada sederet negara terkaya di yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.

1. Libya

1.1 Libya | Buliran.com

Produksi minyak yang tinggi membuat Libya menjadi negara terkaya di Afrika nomor 1. Nama “Libya” berasal dari bahasa Mesir yakni “Lebu”, sebutan bagi orang-orang Berber yang tinggal di sebelah barat Sungai Nil.

Kata “Lebu itu kemudian diadopsi oleh bahasa Yunani sebagai “Libya”. Perekonomian dan pembangunan Libya terbilang baik, meskipun beberapa kali terjadi perang.

2. Afrika Selatan

1.2 Afrika Selatan | Buliran.com

Afrika Selatan adalah negara yang cukup dikenal warga dunia. Terutama saat negara terkaya di Benua Afrika nomor dua ini menjadi tuan rumah tahun 2010.

Kekayaan sumber daya alam Afrika Selatan bermacam-macam. Mulai dari emas, kromium, antimon, batubara, bijih besi, nikel, timah, berlian, permata, gas alam, dan produk lainnya.

Berdasarkan jumlah pendapatan per kapita, negara ini juga menduduki negara terkaya nomor 3 di Afrika. Yakni dengan rata-rata 4.981 dollar.

3.

1.3 Aljazair | Buliran.com

Aljazair atau yang dikenal juga dengan nama Algeria adalah negara yang terletak di sisi Barat Laut Benua Afrika. Negara dengan ibukota Aljir ini memiliki keindahan alam yang sangat indah karena menghadap laut Alboran dan laut Balearic.

Ada banyak juga situs arkeologi kuno sejak zaman Neolitik yang indah nan eksotis yang termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site. Tempat wisatanya sangat menarik untuk dikunjungi.

Sumber daya alam berupa logam dengan berbagai jenis membuat pendapatan perkapitanya naik dan menduduki negara terkaya di Benua Afrika nomor 3.

Baca Juga   Arkeolog Temukan Kerangka Manusia Purba Berusia 2.000 Tahun di Maros Sulsel

4.

1.4.1 Tunisia | Buliran.com

Negara di Afrika Utara ini memiliki kontur daerah yang variatif. Mulai dari Atlas, hingga Gurun Sahara. Sebelum menempati posisi ke-4, Tunisia pernah sulit maju akibat kasus yang lama terjadi.

Akhirnya, tahun ini Tunisia mulai dikenal dengan produk minyak bumi dan pariwisata.

5. Angola

1.5 Angola | Buliran.com

Angola adalah negara yang terletak di Barat Daya Benua Afrika. Daratan Angola cukup luas, yakni dua kali lipat dari luas Pulau Kalimantan. Perekonomian Angola maju berkat sumber daya alam logam seperti bijih besi, tembaga, emas dan bauksit.

Ada pula cadangan minyak bumi yang melimpah, berlian, fosfat, feldspar dan uranium. Angola masuk ke dalam negara terkaya di Benua Afrika dengan pendapatan per kapita sebesar 3.253 dollar.

6. Maroko

1.6 Maroko | Buliran.com

Maroko sedikit berbeda dengan negara terkaya di Benua Afrika lainnya. Walau tak memiliki sumber daya alam yang melimpah, siapa sangka kalau negara yang terletak di ujung Barat Laut Benua Afrika ini juga memiliki pendapatan per kapita yang tinggi.

Pemerintah Maroko berjuang keras untuk membuat negaranya maju. Yakni dengan cara pembangunan fasilitas yang menunjang sektor perekonomian dan pariwisata yang berkualitas.

Dengan letak geografisnya yang sangat dekat dengan Spanyol, produk investasi di negara ini sangat menjanjikan dan membuat banyak investor tertarik.

7. Mesir

1.7 Mesir | Buliran.com

Negara terkaya di Benua Afrika yang ke-7 adalah Mesir. Negeri Piramida ini unggul dalam kualitas pendidikan, sektor perdagangan barang, dan memiliki sumber daya alam tambang yang lengkap. Hampir serupa dengan Afrika Selatan.

Kepadatan penduduk nyatanya tak membuat produktivitas warganya menurun. Mesir memiliki lebih dari 102 juta jiwa penduduk, dua kali lipat dari jumlah penduduk Afrika Selatan.

Baca Juga   Virus Covid-19 dari Semburan Bersin Hamster

8. Nigeria

1.8 Nigeria | Buliran.com

Banyak yang mengira bahwa negara terkaya di Benua Afrika adalah Nigeria. Memang, negara ini memiliki pertumbuhan kekayaan para pengusaha yang sangat tinggi. Namun, sebenarnya sebagian besar warga Nigeria juga masih mengalami .

Maka dari itu, enggak heran jika Nigeria hanya menduduki posisi ke-8 dengan pendapatan per kapita sebesar 1.963 dollar.

9. Sudan

1.9 Sudan | Buliran.com

Selanjutnya, ada Sudan yang berada di posisi ke-9 negara terkaya di Afrika. Sudan memiliki sumber daya mineral yang sangat bervariasi. Di antaranya seperti asbes, krom, kobalt, tembaga, emas, granit, gypsum, besi, kaolin, timah, mangan, mika, gas alam,nikel, minyak bumi, perak, uranium, dan seng.

Sektor pertanian di negara yang satu ini juga cukup menjanjikan dibandingkan dengan negara-negara di Afrika lainnya. Sudan berada di urutan ke-66 negara terkaya di dunia. ***