Mengenal Peradaban Kuno Tertua di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Peradaban | Buliran.com

PERADABAN KUNO, biasanya identik dengan Romawi atau Yunani Kuno. Benar bahwa dua peradaban itu berusia sangat tua, dan bertahan selama paling tidak seribu tahun. Sayangnya baik Yunani maupun Romawi, terkenal karena berbagai kemajuan yang berhasil mereka raih.

Tapi kalau bicara tentang peradaban kuno tertua di dunia, maka Yunani dan Romawi bukanlah juaranya. Dilansir World Atlas, percaya atau tidak sebelum kedua peradaban ini muncul, Bumi kita sudah diisi oleh banyak peradaban lain yang tersebar di berbagai wilayah. Peradaban mana saja?

6. Peradaban Suku Maya

2.6 Peradaban Suku Maya | Buliran.com

Suku Maya menjadi salah satu suku kuno yang sangat populer di era sekarang, terutama karena perhitungan kalender yang mereka buat, yang kemudian dihubungkan dengan prediksi kiamat pada tahun 2012 lalu. Pada kenyataannya, Suku Maya merupakan salah satu suku yang cukup maju di masa itu.

Suku Maya adalah penyembah dewa matahari, dan dikenal ahli dalam bidang astronomi. Terbentuk sekitar 2600 SM, Suku Maya tinggal di Semenanjung Yucatan dan terus berkembang hingga populasinya mencapai 19 juta jiwa. Pada tahun 700 SM, suku ini bahkan mampu menciptakan metode penulisan sendiri yang kemudian digunakan untuk membuat kalender matahari.

Sayangnya, peradaban Suku Maya runtuh pada tahun 900 SM. Meski begitu, orang-orang Maya tidak benar-benar hilang, bahkan hingga sekarang keturunan Suku Maya masih bisa ditemukan di beberapa negara di Amerika Tengah.

Baca Juga   Negara-Negara Unik di Dunia ! Tanpa Bandara, Kereta Api, Laut, Warisan Dunia, Angkatan Bersenjata & Hutan