14 Negara Jadi Korban, Jika Perang Dunia Tiga Terjadi

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Perang | Buliran.com

BuliranNews, WASHINGTON – Serangan Rusia ke Ukraina membawa alarm baru bagi dunia akan terjadinya Perang Dunia III. Hal ini pasalnya telah membawa kekuatan-kekuatan besar dunia dalam eskalasi geopolitik yang memanas.

Ancaman itu sempat diutarakan seorang pejabat senior Ukraina kepada Sky News. Pasalnya, dalam perang di Ukraina saat ini, aliansi pertahanan pimpinan Amerika Serikat (AS), NATO, sudah menyatakan sikapnya untuk berlawanan dengan Moskow.

Baik NATO maupun Rusia merupakan negara yang sangat kuat. Bahkan keduanya merupakan pemilik hulu ledak nuklir terbesar di dunia.

Ketua Kepala Staf Gabungan Militer AS, Mark Milley menyebut Perang Dunia III yang dapat melibatkan nuklir itu adalah hal mengerikan. Jika terjadi, hal itu akan membuat banyak korban berjatuhan, begitu juga dari pihak Rusia.

“Jika dilepaskan di Ukraina, itu akan signifikan dan mengakibatkan sejumlah besar korban. Dan bisa Anda bayangkan seperti apa itu di daerah perkotaan yang padat, sepanjang jalan dan sebagainya. Ini akan mengerikan, akan buruk,” ungkap Milley, dikutip dari laman yang sama.

Tak hanya dari teater Eropa, wilayah Asia juga mengalami peningkatan eskalasi di Taiwan dan Laut China Selatan. China diketahui masih bersikukuh untuk memperebutkan wilayah klaimnya di dua area yang disengketakan ini.

Di sisi lain, wilayah Selatan Asia juga baru-baru ini memanas. Di mana India yang dilaporkan tak sengaja melempar rudal ke Pakistan.

Baca Juga   404 Terpidana Mati Menunggu Eksekusi