Dua Tim Sumut Tembus Semifinalis Liga 3 2021-2022

7. klub | Buliran.com

WAKIL Sumatera Utara di kompetisi tahun depan, tak hanya PSMS Medan. Tim paling sukses di Tanah Batak itu, nantinya akan berdampingan dengan dua saudara mudanya, PSDS Deli Serdang dan .

Hal itu bisa terealisasi karena dua nama terakhir, berhasil promosi ke Liga 2 tahun 2022-2023. Tak hanya itu, PSDS Deli Serdang dan Karo United berhasil lolos ke babak semifinal alias empat besar tahun 2021-2022 bersama Putra Jombang dan Mataram Utama.

Berikut perjalanan keempat mulai dari babak 64 besar hingga menuju laga empat besar :

PSDS Deli Serdang

7. PSDS Deli Serdang | Buliran.com

Tim berjuluk Traktor Kuning memulai perjuangannya di 2021-2022 dengan bergabung di Grup P. Bersama Maluku FC, Persinga Ngawi, dan Persigubin Bintang, PSDS Deli Serdang berhasil keluar sebagai juara grup. PSDS tak terkalahkan di babak 64 besar. Mereka mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Catatan apik tersebut mereka teruskan di babak 32 besar. Meski tak menjadi juara Grup X, PSDS berhak lolos ke babak selanjutnya mendampingi Farmel FC.

Di babak ini, PSDS menang satu kali dan meraih dua kali hasil imbang. Rekor tak terkalahkan skuad asuhan Syahrial Effendy terus berlanjut di babak 16 besar.

Tergabung bersama Deltras Sidoarjo, Persedikab Kediri, dan PS Palembang, PSDS menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan di Grup AA.

Raihan tujuh poin di babak 16 besar mengantarkan Traktor Kuning meraih ke babak semifinal sekaligus promosi ke Liga 2 musim depan.

Karo United

7. Karo United | Buliran.com

Sepanjang perjalanannya di putaran nasional, Karo United termasuk tim yang tampil dan tak terkalahkan hingga menembus babak semifinal.

Baca Juga   Pasukan STY Hanya Rengkuh Medali Perunggu di SEA Games 2021

Di babak 64 besar, Karo United menyapu bersih tiga pertandingan yang dilakoninya dan keluar sebagai juara Grup C. Tim asal Sumatera Utara itu kemudian tergabung di Grup R babak 32 besar bersama Putra Jombang, Persida Sidoarjo, dan Persikasi Bekasi.

Karo United sebenarnya memiliki jumlah poin yang sama dengan Putra Jombang, yakni tujuh poin. Namun mereka harus puas menjadi runner-up karena kalah dalam selisih gol.

Di babak 16 besar, Karo United menempati Grup BB dan harus bersaing dengan Persikab Bandung, Serpong City FC, dan PS Siak.

Skuad asuhan Suharto AD akhirnya sukses merebut tiket babak semifinal dan tiket promosi ke Liga 2 musim depan setelah keluar sebagai juara Grup BB di babak 16 besar.

Putra Jombang

7. jombang | Buliran.com

Putra Jombang merupakan satu-satunya tim semifinalis Liga 3 2021-2022 yang tampil konsisten di putaran nasional. Mereka memegang rekor tak terkalahkan dan selalu keluar sebagai juara grup di babak 64 besar, 32 besar, dan 16 besar.

Menariknya, Putra Jombang juga selalu berhasil meraih tujuh poin. Artinya, selama di putaran nasional, tim asal Jawa Timur tersebut membukukan enam kemenangan dan tiga kali imbang.

Putra Jombang pun menjadi salah satu dari tiga wakil tim asal Jawa Timur yang berhasil meraih tiket promosi ke Liga 2 musim depan.

Bedanya, hanya Putra Jombang yang menjadi wakil Jawa Timur di babak semifinal dan masih berpeluang meraih gelar juara Liga 3 2021-2022.

Mataram Utama

7. mataram | Buliran.com

Tim asal Yogyakarta ini menjadi tim terakhir yang mengisi slot empat besar. Mataram Utama menjadi tim dengan raihan poin terendah di antara semifinalis lainnya.

Skuad asuhan Erwan Hendarwanto hanya meraih lima poin dari tiga pertandingan di Grup DD babak 2021-2022.

Baca Juga   Trio Benfica, Young Boys & Malmo Pastikan Tiket ke Fase Grup Liga Champions

Sebelumnya, perjalanan Mataram Utama juga tidak semulus tiga tim semifinalis lainnya. Mataram Utama sempat merasakan kekalahan di putaran nasional.

Di babak 32 besar, Mataram Utama kalah dari PSGC Ciamis dengan skor tipis 1-2. Kekalahan tersebut membuat mereka lolos ke babak selanjutnya dengan status runner-up. (*/sid)