Mengenal 4 Negara Termungil di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Tuvalu | Buliran.com

BANYAK ORANG yang mengira bahwa negara-negara di dunia mempunyai luas wilayah yang luas. Namun nyatanya terdapat negara yang mempunyai luas wilayah yang sangat kecil. Bahkan ada negara yang luasnya hanya 0,49 kilometer persegi alias tidak sampai setengah kilometer.

Negara mana saja yang mempunyai luas wilayah terkecil? Berikut daftarnya:

1. Vatikan

2.1 Vatikan | Buliran.com

Vatikan adalah negara dengan luas daerah terkecil. Vatikan mempunyai luas 0,49 kilometer persegi. Negara ini mempunyai populasi 799 jiwa pada 2022. Vatikan dikenal sebagai kota suci, dengan kepala administrasi dijabat oleh Paus. Terletak di Roma, Italia, Vatikan menjadi pusat dari gereja Katolik. Bahkan gereja terbesar di dunia yaitu St. Peter’s Basilica terdapat di negara ini. Vatikan menjadi salah satu destinasi ziarah yang banyak dikunjungi wisatawan.

2. Monako

2.2 Monako | Buliran.com

Monako menempati peringkat kedua sebagai negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Luas wilayah Monako adalah 2 kilometer persegi. Monako merupakan kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Prancis. Pada 2022, negara ini mempunyai populasi 39.873 jiwa. Wilayah Monako berbatasan langsung dengan laut serta terdiri dari bukit. Hal ini membuat Monako mempunyai keindahan alam yang memukau. Tak heran apabila sektor pariwisata menjadi andalan ekonomi Monako.

3. Nauru

2.3 Nauru | Buliran.com

Nauru menempati posisi ketiga sebagai negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Nauru mempunyai luas 20 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 10.093 jiwa pada 2022. Nauru terletak di sebelah timur dari Australia. Negara yang posisinya dikelilingi oleh Samudera Pasifik ini menawarkan pemandangan pantai yang indah. Pada masa lalu, Nauru mempunyai kekayaan yang berlimpah lantaran dikelilingi oleh fosfat. Namun pada 2001 sumber kekayaan alam tersebut mulai berkurang dan Nauru mengalami kerusakan lingkungan akibat pertambangan.

Baca Juga   7 Tugu nan Ikonik di Indonesia