Hukum  

3 Bocah Jadi Penadah Barang Begal

3. begal | Buliran.com

, – Keberhasilan Satreskrim mengangkap enam komplotan yang beraksi di wilayah Sukaraja, Kabupaten Bogor, menghasilkan sesuatu yang mengejutkan. Dimana dari enam pelaku yang diamankan, tiga orang diantaranya berstatus anak dengan peran sebagai barang.

Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan kejadian itu berawal ketika tiga pelaku yakni MA (21), SK (19) dan ZAF (22) melakukan pesta miras sekira pukul 00.10 WIB pada Selasa 2 Maret 2022. Setelah itu, ketiganya berboncengan motor mencari sasaran.

ini bersama-sama berangkat hunting ya istilahnya, mencari korban kemudian di jalan bertemu korban di Jalan Cilebut wilayah Kecamatan Sukaraja. Disamperin korban, kemudian terjadi perlawanan dari pihak korban,” kata Iman, Senin (14/3/2022).

Karena melawan, korban dibacok oleh pelaku SK sebanya tiga kali di bagian kepala, lengan dan bahu belakang. Para pelaku hanya berhasil mengambil handphone milik korban dan melarikan diri.

“Yang besangkutan (korban) dibacok menggunakan tajam dan ditakut-takuti korek api yang menyerupai senjata api. Dari perlawanan itu, si pelaku awalnya mau merampas motor, hanya berhasil merampas handphone korban,” jelasnya.

Dari kejadian tersebut, langsung melakukan penyelidikan dan menangkap ketiga pelaku. Selain itu, terdapat tiga orang lainnya dengan peran sebagai penadah handphone yang masih berstatus anak.

“Hasil penyelidikan dari tim Satreskrim Bogor, kami berhasil mengamabkan enam orang d saat ini prosesnya sedang proses penyidikan,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, pelaku MA, SK dan ZAF dijerat Pasal 365 KUHP Jo Pasal 480 KUHP dengan ancaman pidana kurungan maksimal 12 tahun penjara. Sedangkan, penadah yang masih berstatus anak tidak dilakukan penahanan hanya wajib lapor.

Baca Juga   Ribuan Data Pajak Diduga Kembali Bocor

“Yang masih status anak sudah dilakukan pemeriksaan dari BAPAS Bogor. Tidak dilakukan pemahanan dan wajib lapor,” pungkas Iman. (*/kha/okz)