Ini Dia, Pelatih Top yang Tak Pernah Jadi Pesepakbola

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Bola | Buliran.com

PARA pelatih sepakbola papan atas setidaknya memiliki karier bermain yang luar biasa. Pengalaman mereka bermain di level tertinggi klub sangat membantu mereka dalam mengelola tim sepakbola setelah karier bermain mereka berakhir.

Akan tetapi, selalu ada satu atau dua pelatih aneh yang tidak pernah memainkan permainan secara profesiional tetapi berhasil menjadi pelatih terkenal dan sukses. Siapa sajakah mereka? Berikut lima pelatih top yang tak pernah jadi pesepakbola profesional :

5. Andre Villas-Boas (Portugal)

1.1 Andre Villas Boas Portugal | Buliran.com

Villas-Boas tercatat pernah menangani tim-tim besar seperti FC Porto, Chelsea, Tottenham Hotspur, Zenit dan Marseillie. Akan tetapi, siapa yang menyangka jika ia tidak pernah mencicipi karier sebagai pesepakbola profesional sebelum menjadi pelatih.

Saat berusia 16 tahun, ia kebetulan tinggal di apartemen yang sama dengan pelatih Porto, Sir Bobby Robson. Pengetahuannya yang mengesankan tentang sepakbola membuat Sir Robson tertarik kepada Villas-Boas.

Sir Robson pun kemudian mengangkat Villas-Boas untuk mengisi jabatan di Departemen Pengamatan Porto. Bahkan ia dibuatkan lisensi kepelatihan hingga menerima lisensi A ketika berusia 19 tahun. Perjalanan kepelatihannya pun dimulai sebagai asisten di bawah Jose Mourinho di Porto.

Setelah itu, Villas-Boas menikmati karier panjang dan kesuksesan bersama Porto. Ia pun dikenal sebagai pelatih termuda yang pernah memenangkan trofi Eropa saat bersama Porto. Setelah itu, ia pun hijrah ke Chelsea tetapi memiliki kinerja yang buruk.

Baca Juga   Tanpa Ronaldo, Juventus Dijungkalkan Empoli